Sabtu, 26/11/2022 | 18:54 WIB
Gresik Satu
Badokan Gresik

1.463 Meter Pepes Bandeng Aston inn Gresik Pecahkan Rekor Muri Internasional

Gresiksatu.com
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani didampingiDirektur PT Dharma Graha Utama, Erwin H Poedjonoe menata pepes bandeng terpanjang di dunia. (Foto : Ovi/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Pemecahan rekor Muri pepes bandeng terpanjang dipegang oleh Aston inn Gresik. Sepanjang 1.463 Meter pepes bandeng dipajang di Giri Loka Ballroom, Minggu(20/11/22).

Rekor Muri terbaru pepes bandeng terpanjang yang dipecahkan Aston menyajikan sepanjang 1.463 meter dengan menghabiskan 1,5 ton bandeng yang berjumlah 9.333 ekor. Aston tidak hanya memecahkan rekor se Indonesia melainkan skala internasional.

Bandeng merupakan ikon bersejarah Kota Gresik pada era Sunan Giri yang masih ada hingga saat ini. Sebagai daerah produsen bandeng terbesar kebanggaan Indonesia, menjadikan Gresik andil dalam menjaga eksistensi dan konsistensi bandeng.

Kuliner nusantara dengan cita rasa sedap “Pepes Bandeng” ini menjadi daya tarik bandeng untuk kian dikenal khalayak umum. Potensi hasil pangan bandeng selalu aktif diadakan dalam festival kearifan lokal tahunan seperti pasar bandeng, lelang bandeng.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani menjelaskan sinergitas Pemkab Gresik dengan Aston atas penghargaan diakhir tahun ini dalam rangka menjaga budaya kearifan lokal sebagai potensi ekonomi dan daya tarik tersendiri.

Dan tahun 2023 akan diupayakan pupuk subsidi untuk para petani tambak setelah dikeluarkannya regulasi penghapusan subsidi pupuk kemarin.

“Volume produksi ikan bandeng sebanyak 90.380 ton pada tahun 2021 dan akan kita upayakan menjaga konsistensi bandeng melalui supply subsidi pupuk untuk para petani ikan di tahun mendatang,” katanya Minggu(20/11/22).

General Manager Aston inn Gresik, S Paminta Nugraha menerangkan pengukuhan rekor Muri ini sudah dipersiapkan sejak 3 bulan lalu dimulai dengan penampungan ikan. Sedang pembuatan pepes dimulai 6 hari lamanya dengan mengerahkan bantuan 10 Executive Chef serta beberapa SMK Tata boga di Gresik.

“Target ini sudah direncanakan tahun lalu dan kita realisasikan di tahun ini dengan mengerahkan banyak stakeholder. Pembuatan pepes dilakukan sejak 6 hari lalu,” terangnya.

Direktur PT Dharma Graha Utama, Erwin H Poedjono mengatakan, bandeng bukan sekadar ikan tapi simbol dengan dampak yang luas bagi masyarakat khususnya wilayah Gresik. Nilai unggul bandeng selain kearifan lokal adalah kandungan protein dan omega 3 yang lebih baik daripada salmon.

Gresiksatu.com
Penghargaan rekor MURI pepes terpanjang di dunia dipamerkan di hadapan awak media. (Foto : ovi/gresiksatu.com)

“Bandeng tidak sebatas bermakna harfiah ikan, melainkan simbol entitas Gresik dengan kearifan kuliner lokalnya,” pungkasnya.

Presiden Archipelago Winsen mengatakan
Cita-cita hotel dengan pilar food and beverage terbaik terwujud di Aston. Pencapaian Rekor Muri sekaligus Rekor Dunia menjadi wujud kualitas Aston dalam melakukan pelayanan.

“Kinerja keras dari seluruh elemen dalam pembuatan pepes bandeng tidak perlu dipertanyakan lagi,” katanya.

Ini bukan Rekor muri pertama yang diraih Aston, melainkan nomor 3 setelah berhasil menggaet 2 penghargaan sebelumnya.

Setelah dilakukan verifikasi oleh tim Muri, pepes bandeng tersebut akan dibagikan kepada yayasan, pondok pesantren dan warga sekitar. (ovi/aam)

Baznas Gresik