Sabtu, 28/05/2022 | 04:57 WIB
Gresik Satu

19 Pegawai Terpapar Covid-19, BPBD Gresik Direncanakan Lockdown


GresikSatu
| Sebanyak 19 pegawai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, terdeteksi positif covid-19. Kini, pegawai yang terkonfirmasi diminta isolasi mandiri.

Sedangkan, kantor BPBD yang beralamat di Jalan Dr Wahidin, direncanakan bakal lockdwn selama dua hari. Selama tak ada akrivitas pegawai, seluruh ruangan kantor akan disterilisasi.

Kabar terkonfirmasinya pegawai, dibenarkan Kepala BPBD Gresik Tarso Sagito. Dia menjelaskan, bermula dari adanya personel yang merasa kurang enak badan.

Kemudian ditindaklanjuti, dengan melakukan koordinasi bersama Dinkes Gresik untuk dilakukan pemeriksaan swab antigen kepada seluruh pegawai.

“Hasilnya 19 pegawai terkonfirmasi positif covid-19,” kata Tarso, Selasa (8/2/2022).

Baca Juga : Terdeteksi Sembilan Pelajar Positif Covid-19, Sekolah Terapkan Pembelajaran Jarak Jauh

Kendati terserang virus covid-19, mereka yang terpapar, rata-rata bergejala ringan dan bahkan tidak bergejala sama sekali. Untuk itu, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Gresik hanya menyarankan isolasi di rumah saja.

Selain itu, Tarso juga menuturkan, penularan Covid-19 yang terjadi di lingkup BPBD Gresik kemungkinan dipengaruhi beberapa faktor. Selain ada beberapa anggota yang sempat menjalani tugas luar kota, juga resistensi personel ketika harus menunaikan tugas yang diemban.

“Sebelumnya, memang ada yang sempat menghadiri acara rapat kerja di Surabaya. Tapi memang tugasnya teman-teman ini kan juga rawan terpapar,” bebenya.

“Sebab ada juga yang kemarin-kemarin itu bertugas menyemprot cairan desinfektan ke rumah-rumah warga yang terpapar, ini juga bisa jadi,” tambahnya. **