21.4 C
Indonesia
Ming, 4 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Minggu, 4 Desember 2022 | 5:55:18 WIB
Html code here! Replace this with any non empty raw html code and that's it.

5 Kudapan Legit Khas Gresik yang Wajib Dicoba

GresikSatu | Dari sekian kekayaan kuliner indonesia, kudapan menjadi menu favorit masyarakat umum. Baik sekedar camilan maupun makanan utama. Tidak kaget jika kudapan sering dijadikan buah tangan atau ikon daerah. 

Jajanan manis ini dapat membangkitkan nostalgia tentang suatu daerah. Memberi nuansa baru dalam menikmati kuliner memanjakan lidah. Ada 5 rekomendasi  kudapan legit khas Gresik yang wajib kalian coba, berikut ini : 

1. Jenang atau Jubung
Gresiksatu.com
Jubung atau jenang, jajanan khas Gresik. (Foto : Ig @kangen_gresik/gresiksatu.com)

Jenang atau Jubung adalah jajanan khas gresik yang terbungkus daun pinang, berwarna hitam ditaburi wijen putih hasil sangrai. Makanan ini kerap diburu wisatawan luar kota. 

Rasanya kenyal, legit dan nikmat. Proses pembuatannya terbilang cukup sulit dan diperlukan ketelatenan. Kebanyakan juru masaknya lelaki karena adonan yang harus diaduk terus menerus. Meski ukurannya mini rasanya tidak kalah saing.

Baca juga:  Mencicipi Rawon Buntut Legendaris Tanpa Lemak Khas Cak Moek
2. Pudak
Gresiksatu.co
Pudak jadi jajanan iconik Kabupaten Gresik. (Foto : IG @maktiendailyfood/gresiksatu.com)

Tidak berbeda jauh, pudak menjadi ikon utama kota gresik. Ia disimbolkan dalam atribut pakaian, batik, udeng, serta damar kurung. 

Makanan ini memiliki cita rasa manis dengan varian aroma pandan. Bentuknya khas melengkung dengan ujung terkuncup diikat. Sudah banyak toko yang menjajakan pudak sebagai oleh-oleh populer khas Gresik. 

3. Kue Putu
Gresiksatu.com
Kue putu jajanan tradisional sangat familir di beberapa daearah. (Foto : Ig @the.lucky.belly/gresiksatu.com)

Kudapan tradisional ini sangat melekat dengan masyarakat Gresik, terutama kelas menengah ke bawah. Kue khas dengan isian gula jawa, tepung beras dan parutan kelapa ini dijual keliling di Pasaran. Suara decit uap dari alat masak jadi bahan promosi penjual.

Banyak variasi putu saat ini, mulai putu keju, putu ayu, putu ketan dan lain sebagainya.

Baca juga:  Meski Terhitung Langka, Makanan Khas Gresik Lontong Roomo Banyak Diburu di Bulan Ramadan 
4. Ketupat Ketheg
Gresiksatu.com
Ketupat Ketheg adalah jajanan warisan sunan giri. (Foto : Chusnul Cahyadi)

Ketupat khas daerah makam Sunan Giri ini memiliki cita rasa berbeda. Rasanya kenyal, gurih, sangat cocok disajikan dengan gula merah dan parutan kelapa.

Ketupat ini hanya diproduksi oleh warga Desa Giri sebagai santapan warisan Sunan Giri. Dinamakan Ketupat Ketheg karena dimasak menggunakan air ketheg endapan minyak mentah.

5. Gethuk Lindri
Gresiksatu.com
Gethuk Lindri sangat umum ditumukan di pasar tradisional. (Foto : Ig @wawawiati/gresiksatu.com)

Makanan yang terbuat dari singkong rebus warna warni sambil ditaburi kelapa ini selalu memikat mata pembeli. Rasanya manis dan lembut. Meski disebut kue tradisional, sajian berbentuk mie dengan cetakan yang mudah. 

Harga getuk terbilang sangat murah, hanya 2000 rupiah sudah dapat mencicipi makanan satu ini. Gethuk lindri memiliki filosofi makna yang dalam, yakni kesederhanaan dan bentuk rasa syukur. (ovi/aam) 

Komentar

Berita Terpopuler

Pemkab Gresik Buka Program Kejar Paket Ijazah, Untuk Anak Putus Sekolah

GresikSatu | Kabar gembira bagi anak putus sekolah di Kabupaten Gresik. Kini Pemkab Gresik membuka program baru, namanya Jaketku (Kejar Paket Anak Putus Sekolah)...

Rayakan HUT ke 17, Presiden Gresik United: Target Liga 1 Butuh Kekompakan

GresikSatu I Gresik United klub kebanggaan masyarakat Gresik merayakan hari jadinya ke 17 tepat pada 2 Desember. Klub yang identik dengan warga kuning itu...

Mengenal Mbah Ajek, Petugas Pemungut Pajak Wilayah Gresik Era Majapahit

GresikSatu | Meski sudah berusia 13 abad lalu, peninggalan dari sisa-sisa kebesaran kerajaan Majapahit masih dinikamati hingga kini. Salah satunya adalah situs kuno makam...

Angka Kemiskinan Kabupaten Gresik Turun, Wabup Gresik Apresiasi Kinerja Baznas Gresik 

GresikSatu | Angka kemiskinan di Kabupaten Gresik terpantau turun. Hal tersebut tidak lepas dari kiprah dan peran Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Gresik, yang...

Selamat, Mantan Kapolres Gresik Jabat Kapolresta Bandung

GresikSatu | Mantan kapolres Gresik Komisaris Besar (Kombes) Pol Kusworo Wibowo mendapat kepercayaan menjadi Kapolresta Bandung berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2569/XII/KEP/2021. Sebelumnya, sosok yang...

Penjelasan PPA Polres Gresik Terkait Pelaku Sodomi Belum Ditangkap

GresikSatu | Kanit PPA Polres Gresik Ipda Hepi mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan pemeriksaan dan pemanggilan saksi-saksi, korban, dan pelaku sodomi. Namun, dalam perjalanan penyelidikan...
Berita terbaru
Berita Terkait