Senin, 03/10/2022 | 14:32 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Ajak Generasi Muda Gemar Menabung, Bupati Sumenep Achmad Fauzi : yang Pertama Harus Niat

Gresiksatu.com
Bupati Sumenep Achmad Fauzi saat berada di MAN 1 Sumenep. (Foto : Aam Alamsyah / Gresiksatu.com)

GresikSatu | Bupati Sumenep Achmad Fauzi mendorong agar generasi muda saat ini harus gemar menabung. Pasalnya, menabung dinggap sangat penting untuk menata masa depan. Selain hemat, menabung juga terhidnar dari hidup foya-foya.

Hal ini lah yang disampaikan Bupati Sumenep Achmad Fauzi, saat dalam acara Kejar Prestasi Generasi Muda Indonesia dalam Rangka Hari Indonesia Menabung yang bertempat di MAN 1 Sumenep, kamis (11/08/2022).

Menurut Fauzi, kebiasaan menabung memang tidak bisa serta merta diciptakan. Memang harus dilatih agar menjadi terbiasa, sehingga menjadi kebiasaan. Kemdati demikian, ia punya cara tersendiri agar generasi muda bisa menabung.

“Yaitu dengan cara menata niat. Banyak dintara mereka gagal menabung hanya gara-gara niatnya tidak tertata dengan baik,” katanya di hadapan para siswa.

Dijelaskan, Generasi muda saat ini dinilai memiliki tantangan yang berbeda. Mereka yang memiliki idola, berkinginan meniru gaya idolanya. Tak jarang, berarapun harga pakaian yang dikenakan idolanya akan dibeli. Sehingga, membeli sesuatu yang sebenarnya tidak mereka butuhkan.

“Jadi, memang untuk saat ini kebiasaan hidup berhemat dan membeli sesuai dengan kebutuhan, rasanya masih belum cukup disadari oleh generasi muda sekarang,” jelas Fauzi.

“Anak muda sekarang ini seringkali mengikuti atau meniru gaya hidup orang yang diidolakan,” tambah politisi PDIP tersebut.

Fauzi menambahkan, anak muda memang tidak salah jika memiliki sosok yang diidolakan. Namun, mereka harus memilah mana yang seharusnya diikuti dan yang tidak bagus untuk kita tiru.

Tidak hanya itu, Achmad Fauzi berpesan kepada para siswa-siswi MAN 1 Sumenep agar memiliki mimpi atau cita-cita yang tinggi. Karena dengan begitu akan mudah menbentuk kebiasaan menabung.

“Dengan membiasakan menabung dan membuat suatu impian, yang pasti akan diawali dengan niat yang diatur dengan baik,” pungkasnya. (aam)