Senin, 03/10/2022 | 14:12 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Kesehatan

Ajak Pola Hidup Sehat, Puskesmas Mentaras Gelar Pelatihan Dokter Kecil ke Siswa 

Gresiksatu.com
Para siswa saat diberikan pelatihan PHBS di Aula Puskesmas Mentaras, Dukun, Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Puskesmas Mentaras Dukun gelar pelatihan dokter kecil kepada sejumlah siswa SD dan MI di Kecamatan Dukun, Gresik. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa melakukan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). 

Bertempat di Aula Puskesmas Mentaras, kegiatan yang menyasar pada lingkungan pendidikan ini berlangsung meriah. Para siswa SD maupun MI kelas IV dan V serta guru pendamping antusias mengikuti pelatihan dan pembinaan dokter kecil tersebut. 

Kepala Puskesmas Mentaras dr Ach Syafi’ mengatakan, kegiatan pelatihan dokter kecil ini merupakan bentuk kegiatan untuk mensosialisasikan dan menerapkan akan pentingnya hidup sehat dilingkungan sekolah.

Dengan mengajak seluruh stekholder di lembaga pendidikan untuk menerapkan dan membiasakan hidup sehat baik secara fisik maupun secara non fisik.

“Dokter kecil sendiri mempunyai tugas yakni mengampanyekan untuk hidup sehat baik jajanan disekolah, membantu pola penerapan gizi, timbang badan siswa, menggerakkan siswa untuk hidup sehat melalui penyuluhan dan meningkatkan peran usaha kesehatan sekolah (UKS),” ucapnya, Selasa (26/7/2022). 

Kedepan, jelas dr Syafi’ kegiatan ini menjadi bagian terpenting untuk menerapkan kebiasaan hidup sehat bagi siswa-siswi. Terlebih, para siswa-siswi peserta dokter kecil (Dokcil) yang sudah dilatih akan menjadi penggerak PHBS di Sekolah, rumah, maupun lingkungan luar rumah.

“Edukasi ini adalah bagian dari kita menerapkan kepada anak untuk berprilaku atau kebiasaan hidup sehat sejak dini,” jelasnya. 

Untuk itu pihaknya berharap tindak lanjut kegiatan ini, bisa diterapkan sendiri oleh masing-masing siswa dan berbagi menerapkan pola PHBS kepada masyarakat. 

“Semoga ini bermanfaat untuk lembaga pendidikan dan khususnya bagi siswa siswi yang menjadi peserta Dokcil Puskesmas Mentaras. Serta para lembaga yang terlibat bisa menerapkan PHBS di sekolah masing-masing,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)