Kamis, 26/05/2022 | 23:39 WIB
Gresik Satu

Angin Kencang Terjang Balongpanggang,  Rumah dan Belasan Motor Rusak Parah

Sejumlah rumah dan belasan unit motor mengalami kerusakan akibat angin kencang / foto : BPBD Gresik

GresikSatu | Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Gresik, pada Senin (27/12/2021) sore membuat sejumlah rumah dan pergudangan warga rusak parah. Bahkan belasan motor dilaporkan terimpa plafon teras rumah.

Angin kencang yang memporak-porandakan Dusun Bapuh, Desa Babatan, Kecamatan Balongpanggang, Gresik itu terjadi pada pukul 15.00 Wib. Saat itu kondisinya mencekam. Angin berkekuatan besar menerjang apapun di sekitarnya. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Camat Balongpanggang Mochammad Jusuf Ansori mengatakan, bencana angin itu mengakibatkan kerusakan pada motor, beberapa rumah, warung hingga gudang home industri warga. Dalam kejadian ini, pihaknya sudah melihat langsung tingkat kerusakan yang dialami warganya.

“Sudah kami cek langsung dan kami juga turut membantu perbaikan,” kaya Jusuf, Selasa (28/12/2021).

Adapun bencana angin itu membuat rumah dan juga gudang home industri milik Edi Susanto (65) rusak parah. Dari ambruknya atap rumahnya, belasan motor milik karyawan home industri yang sedang diparkir di lokasi terimpa plafon.

Baca Juga : Beredar Foto Hoax GP Ansor Benjeng Ngaji di Gereja, Pelakunya Diburu Banser

“Belasan motor itu diperkirakan mengalami kerusakan berat dan sedang,” bebernya.

Kemudian warga lain yang melangalami kerusan serupa, adalah Tika (45). Atap rumahnya rusak. Angin berkekuatan besar menerjang genteng rumahnya. Sedangkan, Lila Ayu Intan (32) warungnya juga mengalami kerusakan parah. Camat Balongpanggang menegaskan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

“Hanya kerugian material saja, tidak sampai ada korban,” ucap Jusuf.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik, Tarso Sagito, mengingatkan agar seluruh warga lebih waspada. Termasuk menjauhi pohon yang rentan roboh. Pasalnya kondisi hujan yang disertai angin kencang kerap melanda belakangan ini.

“Lebih berhati-hati dan menjaga kewaspadaan dengan cuaca yang seperti ini,” ujarnya. **

Tinggalkan Komentar