Sabtu, 28/05/2022 | 05:09 WIB
Gresik Satu

Antisipasi Bahan Kimia Berbahaya, Dinkes Gresik Uji Sampel Takjil 

Teks foto : Dari Kanan Kadinkes Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusnah saat melakukan uji sampel takjil di Pasar Pps (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Untuk mengantisipasi zat kimia berbahaya pada menu takjil, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Gresik melakukan uji sampel di Pasar Pondok Permata Suci (PPS) Manyar. Para petugas Dinkes satu persatu memeriksa takjil kemasan plastik itu.

Ada 12 takjil dilakukan uji sampel. Hasilnya, semuanya memenuhi syarat. Alias negative, bisa dikonsumsi oleh masyarakat. Turut hadir uji sampel tersebut Kasi Binmas Polsek Manyar Aiptu M Fahrur Rozi beserta jajaran pegawai Dinkes Gresik.

Kadinkes Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusnah mengatakan, hasil dari pemeriksaan menu takjil dilalui dengan uji zat kimia yang terdiri dari Rhodamin B, Metanil Yellow, Boraks, dan Formalin.

Baca Juga : Patroli Knalpot Brong, Satlantas Polres Gresik Amankan 10 Motor

“Dari empat jenis zat terlarang itu semuanya negatif dan memenuhi syarat untuk disajikan dan dibeli,” ucapnya, Rabu (13/4/2022).

Mantan Sekdin Dinkes Gresik itu menyebut, masyarakat Gresik sudah mulai mengerti tentang bahaya bahan dan zat kimia. “Serta bisa memilah dan memilih bahan yang tidak berbahaya,” ujarnya. (faiz/sah)