Jumat, 27/05/2022 | 22:57 WIB
Gresik Satu

Antisipasi Kedatangan PMI, Stadion Gejos Kembali Digunakan Karantina

Anggota Kodim 0817/Gresik saat membersihkan sejumlah ruangan di Stadion Gelora Joko Samudro, Senin (3/1/2022) / foto : sah

GresikSatu | Stadion Gelora Joko Samudro (Gejos) Kabupaten Gresik kembali disiapkan menjadi tempat karantina. Hal ini mengantisipasi adanya lonjakan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang akan datang.

Teknisnya, para PMI yang datang melalui bandara Juanda Sidoarjo, akan diskrining ketat. Lalu sebelum masuk ke Gresik harus menjalani karantina terlebih dahulu di Stadion Gelora Joko Samudro sebelum pulang ke rumah. 

Satgas Covid-19 Gresik dan Disnaker Gresik yang akan menjemput para PMI setelah karantina di Asrama Sukolilo, Kota Surabaya. Kemudian dibawa menuju Stadion Gelora Joko Samudro untuk menjalani isolasi kembali. 

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Dinsnaker) Kabupaten Gresik, Budi Rahardjo, PMI dari sejumlah negara mulai berdatangan melalui bandara Juanda Sidoarjo. 

Setelah menjalani karantina 10 hari di Asrama Haji Sukolilo Surabaya akan kembali di karantina.

Baca Juga : Usai Diprotes, Jalan Rusak di Betoyo Langsung Diperbaiki

“Memastikan kondisi PMI sehat sebelum diperbolehkan pulang ke rumah, langkah ini dilakukan supaulya mencegah varian omicron yang sudah masuk di Surabaya,” ucap Budi. 

Menurut data Disnaker, tahun 2021 PMI yang pulang ke Gresik sebanyak 960 lebih. Banyak PMI asal Gresik yang ada di luar negeri. Pemerintah akan memantau dengan menyiapkan lantai dua Stadion Gelora Joko Samudro. 

“Sebagai lokasi karantina terpusat PMI dengan menyiapkan sebanyak 112 tempat tidur,” terang Budi. **

Tinggalkan Komentar