Senin, 03/10/2022 | 19:26 WIB
Gresik Satu
Hukrim

Antisipasi Omicron, Tahanan Rutan Driyorejo Gresik Wajib Vaksin

Anggota Polsek Driyorejo Gresik mengawal tahanan saat menjalani vaksinasi di Puskesmas, Rabu (26/1/2022)./ Foto: TBK
Anggota Polsek Driyorejo Gresik mengawal tahanan saat menjalani vaksinasi di Puskesmas, Rabu (26/1/2022)./ Foto: TBK

GresikSatu I Pandemi covid 19 sampai saat ini belum selesai bahkan varian baru Omicron sudah masuk di negara kita Indonesia.

Mengantisipasi terjadinya cluster baru penyebaran virus covid 19 Polres Gresik terus mendorong pelaksanaan vaksinasi dengan menggandeng instansi terkait dengan tujuan mempertebal imun tubuh pada anak – anak, dewasa dan manula agar tidak mudah terserang virus mematikan tersebut.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis melalui Kapolsek Driyorejo Kompol Zunaedi menjelaskan bahwa vaksininasi wajib bagi siapa saja termasuk tahanan. Bagi orang yang berurusan dengan hukum (Tersangka suatu tindak pidana) sebelum masuk ruang tahanan polsek driyorejo wajib di vaksin terlebih dahulu.

“Vaksin ini wajib bagi siapa saja, termasuk tahanan. Kami wajibkan sebelum masuk sel, mereka (tahanan) wajib divaksin,” kata Zunaedi, Rabu (26/1/2022).

Hari ini, lanjut Zunaedi anggota Reskrim merujuk 4 (empat) orang tersangka ke Puskesmas Driyorejo untuk diberikan vaksinasi Sinovac dosis 1 (pertama). Kegiatan tersebut dikawal secara ketat, dan para tahanan lengkap dengan seragam, serta tangan dalam keadaan terborgol.

“Hal tersebut sudah merupakan S.O.P (Standart Operational Prosedur) pengawalan tahanan dan tahanan juga diborgol serta memakai seragam tahanan,” jelasnya.

Masih kata Kompol Zunaedi, selain sudah dilaksanakan vaksininasi terhadap para tahanan, protokol kesehatan tetap di terapkan. Kemudian 1 (satu) ruang tahanan tidak boleh lebih dari 4 (empat) orang.

“Jika overload akan dipindahkan ke ruang tahanan lainnya. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya kerumunan yang dapat berpotensi terjadinya penularan virus covid 19,” pungkasnya.**