Kamis, 30/06/2022 | 02:13 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

APBD 2021 Dinyatakan Wajar Tanpa Pengecualian 

Teks foto : Wabup Aminatun Habibah menyampaikan nota pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2021 di rapat Paripurna DPRD Gresik (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | APBD 2021 Pemkab Gresik dipastikan mendapat penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Hal itu seperti yang disampaikan Wakil Bupatu Gresik Aminatun Habibah, dalam agenda rapat Paripurna di DPRD Gresik.

“Salah satu prinsip akuntansinya, biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diperoleh,” ucap Wabup saat di ruang paripurna DPRD Gresik, Kamis (9/6/2022). 

Untuk itu, Pemkab Gresik memastikan APBD 2021 sudah dinyatakan WTP oleh BPK. “Kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) langsung merespon cepat apa yang menjadi temuan tindak lanjut pemeriksaan oleh BPK,” ujarnya. 

Dijelaskan, BPK sudah melakukan pemeriksaan pasca 6 bulan tutup anggaran. Dengan perincian, capaian pendapatan daerah 2020 mencapai Rp 3,133 triliun. Sedangkan belanja daerah sebesar Rp 3,192 triliun.

Baca Juga : Jadi Biang Kerok, GP Ansor Gresik Minta Pesanggrahan Keramat Milik Oknum DPRD Gresik Ditutup

 “Pemkab Gresik terus berkomitmen mendapatkan opini WTP di tahun selanjutnya. Alhamdulillah kembali kembali mendapatkan opini WTP,” jelasnya. 

Di tempat yang sama Wakil Ketua DPRD Gresik Mujid Riduan menyampaikan, pihaknya akan segara melakukan tindak lanjut laporan tersebut. Melalui pandangan umum (PU) yang ada di beberapa fraksi DPRD Gresik. 

“Bersamaan juga dilakukan pembahasan di masing-masing komisi bersama mitra kerja OPD Pemkab Gresik,” ucapnya. (faiz)

Full Day School