Jumat, 27/05/2022 | 23:02 WIB
Gresik Satu

Arus Balik Lebaran, Ribuan Pemudik Asal Bawean Menyebrang ke Pelabuhan Gresik 

Teks foto : Ratusan penumpang memadati area pelabuhan Gresik usai melakukan perjalanan mudik ke Pulau Bawean (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Para pemudik yang melakukan perjalan arus balik kembali membanjiri area Pelabuhan Gresik. Lonjakan arus balik itu mulai terjadi pada Jum’at (6/5/2022), kemarin. Dalam melayani arus balik, ada tiga armada kapal yang beroperasi.

Satu dari pihak Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Kapal Motor Penumpang (KMP) Gili Iyang, dan dua armada kapal cepat Express Bahari 8E dan 6F. 

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Gresik Hufan Nur Dhianto mengatakan, puncak arus mudik diperkirakan, mulai hari ini hingga Minggu (8/5/2022) besok.

“Penumpang tujuan Gresik mengalami peningkatan. Sebaliknya dari Gresik ke Bawean mengalami penurunan dan terlihat lenggang,” ucapnya, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga : Ratusan Sapi di Gresik Terinfeksi Wabah Penyakit Mulut Kuku

Dikatakan, peningkatan itu sejak H+2 Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Dengan rincian penumpang dua kapal Express Bahari tanggal 4 Mei 330 orang. Kemudian tanggal 5 Mei 215 orang. Tanggal 6 mei 493 orang, dan Gili Iyang tanggal 6 Mei 257 penumpang. 

“Sudah 1.295 pemudik warga Bawean yang sudah menyebrang ke Pelabuhan Gresik,” ujarnya. 

Salah pemudik Muzayyanah mengatakan, dirinya lebuh dulu kembali ke daratan Gresik. Meskipun masih dalam status liburan kerja. Jika tidak lebih dulu berlayar, tidak akan kebagian tiket karena setiap hari penumpang kapal full. 

“Tadi ikut kapal Gili Iyang, dan dapat tiket. Alhamdulillah liburan seminggu di Bawean. Ini sudah persiapan kerja lagi,” ucapnya. (faiz/aam)