Minggu, 29/05/2022 | 05:39 WIB
Gresik Satu

Awali Peringatan HUT Pemkab Gresik, Bupati dan Wabup Ziarah ke Makam Poesponegoro

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dibantu keluarga KT Poesponegoro naik ke bagian makam saat  menaburkan bungah kembang usai mengalungkan bungah ke Nisan KT Poesponegoro  / foto : Faiz

GresikSatu | Perayaan Hari Kelahiran Gresik dan HUT Pemkab Gresik bakal berlangsung meriah. Mengawali rangkaian acara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Wabup berziarah ke makam Bupati Pertama Gresik KT Poesponegoro di Desa Gapuro Sukolilo, Selasa (8/3/2022).

Tidak seperti perayaan sebelumnya, kali ini Bupati mendapatkan sambutan hangat dari keluarga besar KT Poesponegoro. Dalam acara tersebut, ada prosesi mengkalungkan nisan ke malam KT Poesponegoro oleh Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani.

Rombongan bupati itu langsung berdoa dan melakukan tahlil di makam KT Poesponegoro. KRT Hartono menyampaikan, perayaan HUT Pemkab Gresik memang tidak ada yang beda dari perayaan sebelumnya.

Para keluarga berkumpul di Aula makam, menyediakan makanan khas Gresik serta berdoa ke malam KT Poesponegoro. Hanya saja sekarang ada proses mengalungkan Bungah kepada KT Poesponegoro yang dilakukan Bupati.

“Seperti biasanya tahlilan, dan sebelumnya tidak ada mengalungkan Bungah kepada KT Poesponegoro,” ucapnya. 

Disamping itu, Bupati juga melakukan tanda tangan prasasti tetenger Tugu Jati Murti yang ditemukan di lokasi makam Sukolilo Poesponegoro oleh keluarga besar KT Poesponegoro. 

“Prasasti cagar budaya itu, kita berdirikan akhir desember 2021 dan secara resmi tadi ditandatangani Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani,” ujarnya. 

Hartono berharap, dengan perayaan hari lahir dan HUT Pemkab Gresik, Pemerintah bisa melakukan  keberlanjutan pelestarian situs dan leluhur di Kabupaten Gresik. Terlebih di kawasan makam KT Poesponegoro ini. 

“Terus  dilestarikan untuk generasi dari nenek moyang kita,” pungkas Putra wayah (anak cucu) dari KT Poesponegoro itu. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama rombongan melanjutkan ziarah ke Makam Pahlawan yang berada samping barat makam area makam Gapuro Sukolilo. Yang sebelumnya juga melakukan ziarah Ke Sunan Giri dan Maulana Malik Ibrahim. (faiz/sah)