Senin, 03/10/2022 | 19:32 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Awas Banyak Makanan Sudah kedaluwarsa, Masyarakat Diminta Waspada

Foto : petugas dari Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng saat memeriksa mamin di minimarket (sah / gresiksatu.com)

GresikSatu | Masyarakat perlu waspada saat membeli makanan dan minuman (mamin) untuk kebutuhan lebaran. Karena temuan di lapangan, masih banyak mamin yang kedarluwarsa tapi masih dijual bebas di pasaran.

Dari hasil sidak petugas gabungan, Puskesmas Benjeng bekerjasama dengan Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng serta Satpol PP, menemukan sejumlah barang yang sudah tidak layak dikonsumsi. Rata-rata, mamin yang kedarluarsa berbentuk kemasan.

Babinsa Koramil 0817/10 Benjeng Serda M Afandi mengatakan, momen ramadan biasanya digunakan oleh masyarakat untuk berjualan mamin kemasan dengan harga yang cukup terjangkau. Guna memastikan keamanan produk yang dijual sesuai prosedur, maka dilakukan Operasi Pasar di bulan Ramadhan.

Baca Juga : Siang Bolong di Bulan Puasa, Dua PSK Diamankan Satpol PP Gresik

“Dalam pantauan kami masih ditemukan produk makanan dan minuman yang tidak layak dikonsumsi. Bahkan ada yang masa kedaluwarsanya telah habis tetapi masih dijual dibeberapa kios maupun minimarket,” katanya, Sabtu (16/4/2022).

Menurutnya, mamin yang sudah tak layak konsumsi dikhawatirkan menimbulkan keracunan makanan. Hal itu sangat membahayakan bagi kesehatan.

“Sehingga, untuk mencagah hal-hal yang tak dinginkan, kami menghimbau kepada para pedagang untuk rutin melakukan pengecekan barangnya,” tambahnya. (sah)