Jumat, 27/05/2022 | 00:25 WIB
Gresik Satu

Bagian Protokol dan Komunikasi Pemkab Gresik Gelar FGD Bareng PWI dan DPRD

Ketua PWI Gresik Ashadi Ik (paling kanan) saat menjadi narasumber di FGD bagaian Protokol dan Komunikasi Pemkab Gresik, Kamis (14/4/2022)./ (Foto: TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu I Di tengah gencarnya arus informasi yang beredar, ditambah dengan tingginya penggunaan media sosial yang bebas di akses masyarakat umum kerap menimbulkan bias informasi yang beredar di masyarakat.

Karena itu, media massa memiliki peranan penting dalam aspek komunikasi, utamanya di era teknologi informasi seperti saat ini.

Kadang informasi yang begitu deras di media sosial tidak sepenuhnya benar, bahkan menyesatkan. Untuk itu diperlukan suatu saluran atau media yang benar-benar berkompeten dan layak untuk dijadikan rujukan informasi bagi masyarakat, disinilah peran media massa diperlukan.

Dalam sisi Pemerintah Daerah, penyebaran informasi mengenai apa saja yang sudah dilakukan, kebijakan, pengumuman, dan capaian-capaian apa yang sudah diraih oleh pemerintah daerah sudah menjadi “wajah” dari pemerintah daerah itu sendiri.

Baca Juga : Usai Tarawih Warga Pongangan Gresik Serbu Vaksinasi Booster Polsek Manyar

Pentingnya peran media massa bagi pemerintah daerah, bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Gresik menginisiasi kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema utama peran media massa dalam menunjang kinerja Pemerintah Kabupaten Gresik tahun 2022.

Menghadirkan narasumber ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Gresik, Ashadi Ik, dan Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Sa’idah serta anggota badan anggaran DPRD Gresik, Wongso Negoro.

Kegiatan FGD ini dihadiri oleh puluhan peserta dari Kecamatan Kebomas dan Kecamatan Gresik yang dihelat di Ruang Putri Cempo Kantor Bupati Gresik, Kamis (14/4/2022).

Kepala bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekda Gresik, Gunawan Purna Atmaja, dalam sambutannya saat membuka kegiatan menjelaskan bahwa pemerintah daerah dengan media sejatinya sangat berkaitan. Ini karena pemerintah butuh media untuk menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat, dan di sisi lain media juga memerlukan pemerintah sebagai salah satu sumber berita.

“Media merupakan partner bagi pemerintah daerah, dalam hal ini Pemkab Gresik. Lewat media, pemerintah daerah menyampaikan semua informasi kepada masyarakat dan di lain pihak media juga memberikan feedback yang membangun untuk kemajuan daerah itu sendiri,” terang Gunawan.

Kegiatan FGD berlangsung dengan lancar, masing-masing narasumber bergantian menyampaikan materi dan sharing pengalaman masing-masing. Selanjutnya, giliran peserta yang secara antusias melakukan diskusi sesuai tema.**