Sabtu, 28/05/2022 | 04:18 WIB
Gresik Satu

Bandeng Berusia 12 Tahun, Juara Kontes Bandeng Kawak Gresik 2022

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani di dampingi Wakil Bupati saat berfoto bersama dengan para juara kontes Bandeng Kawak di Alun-alun Gresik, Kamis (28/4/2022) malam./ (Foto:Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam tradisi pasar bandeng selalu dilakukan lelang dan kontes. Kali ini di Tahun 2022 hanya ada kontes bandeng saja tidak lelang. Para pemenang langsung diberikan hadiah uang tunai dan umroh. Juara 1 mendapatkan uang tunai Rp 15 juta plus umroh, juara 2 Rp 10 juta plus umroh, dan juara 3 Rp 5 juta plus umroh.

Meski sempat terhenti karena hujan deras disertai petir kontestasi pasar bandeng sangat meriah. Tradisi akhir ramadan di Kabupaten Gresik ini menghasilkan juara 1 bandeng kawek yang diraih oleh petambak Saifullah Mahdi dengan berat 18, 04 Kg dan 92 cm.

Saifulllah Mahdi yang juga menjabat sebagai Kepala Desa ini mengaku sangat senang dalam kontestasi bandeng ini. Selain hadiah uang dirinya bersama tiga juara mendapatkan hadaih umroh dari Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani.

“Sangat senang sekali, bahagia turut serta dalam tradisi pasar bandeng ini. Sekalian hadiah ibadah umroh,” ucapnya denggan bangga, Kamis (28/4/2022).

Pria berumur 47 tahun ini mengaku bandeng juara miliknya sudah berumur 12 tahun atau seumur anak Sekolah Dasar (SD).

Baca Juga: Festival Kontes dan Lelang Bandeng Kawak Gresik Diguyur Hujan Deras

“Semoga ini menjadi motivasi bagi petambak lain di Kabupaten Gresik,” harap pria yang sudah sejak tahun 2012 ikut kontes bandeng kawak ini.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyampaikan, Kabupaten Gresik tidak henti-hentinya melestarikan budaya akhir ramadan. Mulai dari malam 21 hingga malam 29 nanti.

“Terkahir tradisi pasar bandeng yang dimulai Sunan Giri sebagai penggerak ekonomi masyarakat sampai sekarang,” ucapnya.

Gus Yani sapaan akrbab Fandi Akhmad Yani menjelaskan, bandeng di Kabupaten Gresik sangat berbeda dengan bandeng lainnya.

“Bandeng di Gresik sangat berbeda dengan yang lain. Karena ada khas pesisirnya,” ujarnya.

Sementara itu, untuk hadiah umroh akan diberikan kepada masing-masing juara 1, 2 dan 3 juga juara harapan. Yang harapan dapat uang tunai sebesar Rp 3, 5 juta.

“Hadiah Umroh sebagai spririt kepada petambak agar lebih fokus dalam budidaya ikan bandeng,” tambah Gus Yani.

Turut hadir dalam acara kontes dan lelang bandeng kawak Gresik anggota DPR RI atau Ketua Komisi VI DPR RI M. Sarmuji, perwakilan Pemprov Jatim serta jajaran Forkopimda Gresik.* (Faiz/Tov)