Senin, 03/10/2022 | 15:24 WIB
Gresik Satu
Ekonomi

Bantu Kebutuhan Industri, PT Petrokimia Luluskan Puluhan Siswa Magang Vokasi Industri 

gresiksatu.com
Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik Budi Wahyu Soesilo saat memberikan sambutan acara pelepasan lulusan program magang vokasi industri setara diploma I di Wisma Kebomas Petrokimia Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com).

GresikSatu | PT Petrokimia Gresik bersama Kementerian Perindustrian Indonesia, meluluskan puluhan siswa dalam program magang vokasi industri setara Diploma I di Wisma Kebomas Petrokimia Gresik, Jumat (26/8/2022). Ada sebanyak 40 siswa yang telah diwisuda.

Para siswa yang diwisuda itu dari pendidikan Vokasi dari Politeknik Akademi Teknik Industri Makasar (ATIM) dan Politeknik Akademi Pimpinan Perusahaan (APP) Jakarta. Secara resmi diwisuda dan lulus. Mereka para siswa selanjutnya akan membantu memenuhi kebutuhan SDM di PT Petrokimia Gresik dan Industri Indonesia lainnya.

Dari 40 lulusan Vokasi setara diploma I itu, semuanya berasal dari Jawa Timur dan wilayah sekitar Gresik. Dengan perincian lulusan dari Politeknik ATI Makasar 19 orang, lulusan  Politeknik APP Jakarta 21 orang. Semua serentak satu persatu diwisuda dalam Program Diploma 1 Pendidikan Vokasi Industri. Para lulusan ini pun menjalani program magang ini secara gratis dan mendapatkan uang saku.

Direktur Keuangan dan Umum Petrokimia Gresik Budi Wahyu Soesilo menyampaikan, program magang kerja sama ini sebagai wujud nyata Petrokimia Gresik melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) di sektor pendidikan. Tujuannya, pembedayaan SDM dan memperkuat jaringan link dengan perusahaan atau industri.

“Program magang ini dimulai dari bulan Agustus tahun 2021 hingga Juli 2022. Ada 40 orang lulusan SMA /SMK di Jatim. Termasuk Gresik mengikuti program ini dan lulus. Mereka (para lulusan) melakukan silabus kurikulum pendidikan sesuai kebutuhan industri,” ucapnya, Jumat (26/8/2022).

Sampai saat ini, lanjut dia program magang vokasi industri yang dijalankan PT Petrokimia sejak tahun 2017. Sudah ada 313 orang yang lulus dan siap kerja. “Selamat kepada 40 lulusan magang Vokasi Pendidikan Vokasi Industri 2021-2022,” ujarnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Arus Gunawan mengatakan, SDM di bidang industri sangat penting untuk menunjang pengembangan industri di Indonesia. Termasuk di PT Petrokimia Gresik ini. Mengingat serapan tenaga kerja di Indonesia setiap tahunnya rata-rata membutuhkan 600 ribu tenaga kerja.

“Untuk itu salah satu program magang Vokasi industri setara Diploma I bisa menjawab tantangan penyerapan tenaga industri di Indonesia, khusunya di Jatim dan Gresik ini,” ucapnya.

Sisi lain lanjut dia, Program Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Industri, pada program magang vokasi industri setara diploma I yang sudah dilaksanakan satu tahun ini. Berharap nantinya SDM yang sudah lulus dan siap kerja bisa langsung masuk industri di area Gresik dan Jatim.

“Tentu juga butuh kerja sama industri untuk membuka penyerapan tenaga kerja. Dengan memberikan kouta 10-20 persen untuk calon tenaga kerja. Kami apresiasi sinergitas program pembedayaan SDM ini dengan PT Petrokimia Gresik,” paparnya.

Salah satu lulusan terbaik magang vokasi industri setara diploma I terbaik Muhammad Khoirul Anam mengaku sangat bahagia dan bangga. Pemuda lulusan SMK di Bojonegoro ini lulus magang dengan nilai IPK 3, 98 poli teknik perawatan mesin, Politeknik ATI Makasar. Sebelumnya dirinya pun bersaing mengikuti  kompetensi bersama 150 orang di Jatim untuk mengikuti program magang tersebut.

“Saya sangat berusaha keras mengikuti pembelajaran dan praktek kurikulum dari Poli Teknik,” ucap pemuda berusia 19 tahun itu.

Dalam pelaksanaan satu tahun magang vokasi industri setara diploma I tambah Anam, dirinya mendapatkan kelebihan dari program ini. Mulai pembelajaran vokasi industri soft skill, hard skill, hingga terjun langsung ke dunia permesinan di PT Petrokimia Gresik.

“Kedepannya saya akan berusaha mencari peluang di beberapa industri. Untuk melaksanakan materi apa yang sudah saya dapat dari program magang vokasi industri setara diploma I ini. Semoga nanti bisa berkesempatan diterima bekerja di PT Petrokimia,” harap anak petani di Bojonegoro itu.

“Program ini semuanya gratis. Bahkan mendapatkan uang saku. Alhamdulillah bisa meringankan beban orang tua dan bisa membanggakan anak petani di Kota.

Turut hadir dalam pelepasan lulusan program magang vokasi industri setara diploma I. Jajaran Direksi PT Petrokimia Gresik, Vice President (VP) Komunikasi Korporat Petrokimia Gresik Rama Yusron Harbiansyah, Direktur Politeknik Makassar, Pokiteknik APP Jakarta, beserta para pembimbing dan lulusan program magang vokasi industri setara diploma I. (faiz/aam)