Minggu, 25/09/2022 | 17:27 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Bantuan Penerang Jalan Bertenaga Surya Tersebar di 325 Titik

Gresiksatu.com
PJU-TS terpasang di Jalan Desa Kabupaten Gresik (Foto: Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), memberikan bantuan lampu penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di Kabupaten Gresik. Total PJU-TS yang diberikan ada 325 titik. Lampu ini tersebar di 9 Kecamatan, Kabupaten Gresik. Selain Pulau Bawean. 

Kepala Bidang Tata Kelola Prasarana Perhubungan Dishub Gresik Aditra Risdiansyah mengatakan, bantuan 325 titik PJU-TS ini sudah terpasang dan menerangi di Jalan Desa Kabupaten Gresik. “Mayoritas yang terpasang ada di Jalan Desa,”, ucapnya, Sabtu (13/8/2022). 

Setelah terpasang ujar dia, kewenangan Dishub Gresik hanya sebatas PJU yang berada di jalan kabupaten. Sehingga, untuk pemeliharaan PJU-TS itu akan kembali dilakukan pendataan. “Nanti kami pilah lebih dulu, mana yang berada dititik jalan kabupaten atau di jalan desa,” ujarnya.

Dari 325 titik lanjut dia, lampu PJU-TS yang bersumber dari APBN tahun 2022 ini sudah berfungsi. Lampu dari tenaga surya itu sudah menerangi jalan jalan di Gresik. 

Namun, diakuinya sejauh ini di Jalan 5.128 km Kabupaten Gresik masih kekurangan sekitar 3.837 PJU. Meskipun sudah terpasang sekitar 6.400 PJU di Jalan Kabupaten Gresik. “Karena untuk menerangi jalan kabupaten Gresik membutuhkan sekitar 10.243 PJU,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)