Jumat, 27/05/2022 | 23:33 WIB
Gresik Satu

Baru Bulan Kemarin Dipercantik, Kawasan Pecinan Gresik Sudah Penuh Vandal

Aksi vandalisme di Kampung Pecinan Gresik / foto : Faiz

GresikSatu | Aksi vandalisme belakang sangat meresahkan. Banyak coretan tanpa makna menghiasi jalanan hingga dinding kota. Parahnya, aksi yang tak patut dicontoh itu menyasar kawasan wisata heritage kampung Pecinan Gresik.

Aksi vandalisme itu tepat berada di depan Klenteng Kim Hin Kiong Gresik. Kawasan ini barusaja direnovasi oleh Pemkab Gresik untuk dijadikan wisata heritage. Sebuah wisata yang menyajikan pemandangan kota lama.

Sedangkan dari pengamatan di lapangan, Kamis (3/3/2022), terdapat coretan di tembok berwarna putih sebelah timur. Coretan tersebut terdapat gambar yang tidak sopan dipandang. Ada sekitar 10 jenis coretan di tembok selebar 5 meter tersebut.

Tidak hanya itu, menuju ke arah klenteng, sejumlah coretan-coretan dengan cat semprot juga terlihat. Namun karena tidak berada di dinding putih, coretan itu tidak begitu kontras.

Baca Juga : Mbois! Ini Tampilan Baru Kampung Pecinan Gresik

Selain di tembok, coretan juga terlihat tepat di pintu masuk Klenteng Kim Hin Kiong. Tepatnya di paving yang belum berusia satu bulan tersebut. Tulisnnya mengucapkan HBD ke salah seorang perempuan.

Terpisah, anggota Komisi III DPRD Gresik Abdullah Hamdi menyesalkan aksi vandalisme tersebut. Menurutnya, coretan tersebut sangat tak santun ditambah coretan tersebut menujukan kata-kata kotor.

Dia juga meminta agar Dinas PKP ataupun Dinas Komunikasi dan Informatika menambah Closed Circuit Television (CCTV). Sehingga pengawasan terhadap kawasan heritage yang sudah dibenahi bisa lebih efisien.

“Kan tidak mungkin petugas akan berjaga disana 24 jam. Jadi pasang CCTV sehingga apabila terjadi aksi demikian akan terpantau,” ucapnya. (faiz/sah)