Selasa, 04/10/2022 | 07:41 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Politik

Bawaslu Gresik Buka Pendaftaran Panwascam 

Gresiksatu.com
Warga Gresik saat mendaftarkan diri menjadi Panwascam di Kantor Bawaslu Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Persiapan menghadapi bulan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 terus dimatangkan. Bagi masyarakat Gresik bisa berkesempatan berkarir pada perhelatan pesta demokrasi itu. Dengan mendaftarkan diri sebagai Penagwas Kecamatan (Panwascam) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Gresik. 

Proses perekrutannya sudah dimulai hingga tanggal 27 September mendatang. Pada perekrutan ini, Bawaslu Gresik membutuhkan 54 anggota Panwascam. Mereka akan ditugaskan mengawasi pelaksanaan tahapan penyelenggaraan pemilu di 18 kecamatan yang tersebar di Kota Pudak.

Ketua Bawaslu Gresik Imron Rosyadi mengatakan, dari 54 anggota itu dibagi 3 anggota setiap masing-masing Kecamatan. “Tiga personil ditempatkan di masing-masing kecamatan,” ucapnya, Rabu (21/9/2022). 

Untuk itu, dalam kesempatan ini pihaknya mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu. Dengan turut mendaftarkan diri sebagai anggota. Pasalnya, Panwascam memiliki tugas khusus dalam hal pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan.

“Karena Panwascam memiliki wewenang dalam menerima dan menindaklanjuti laporan yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran,” jelasnya.

Pada tahapan perekrutan tambah dia, Bawaslu sangat terbuka bagi masyarakat. Utamanya bagi warga yang ber-KTP Gresik dan berusia paling rendah 25 tahun.

“Informasi lebih lengkap bisa diakses melalui website Bawaslu. Atau langsung datang ke Kantor Bawaslu Jalan Panglima Sudirman, Gresik. Meminta informasi dan mendaftarkan diri,” tambahnya. 

Selain dua syarat diatas lanjut dia, ada syarat lain yang menjadi perhatian serius yakni, para pendaftar tidak pernah menjadi anggota partai politik, tim kampanye, maupun pendukung pasangan calon tertentu. Sekurang-kurangnya dalam jangka waktu 5 tahun terakhir.

“Anggota Panwascam nanti juga wajib memiliki integritas, berkepribadian yang kuat, jujur, dan adil dalam menjalankan tugasnya,” tandas Imron.

Proses pendaftaran Panwascam mendapat respon positif dari masyarakat sekitar. Hal tersebut terlihat puluhan calon peserta yang mulai mendaftarkan diri di Kantor Bawaslu tadi pagi, Rabu (21/9/2022). 

“Semoga bisa lolos tahapan seleksi. Untuk mengawal proses Pemilu di Gresik berjalan jujur dan adil,” harap salah satu calon peserta Adi Agus Santoso saat mengisi formulir pendaftaran di Bawaslu Gresik

Diketahui, tahapan pembentukan panwascam Kabupaten Gresik meliputi, pendaftaran dan penerimaan berkas : 21 – 27 September. Pengumuman hasil penelitian nerkas administrasi : 12 Oktober. Tes tertulis calon Anggota : 14-16 Oktober Tes Wawancara calon anggota : 18-22 Oktober. Pelantikan dan Pembekalan Panwaslu Kecamatan : 26 – 28 Oktober. (faiz/aam)