Minggu, 03/07/2022 | 17:56 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Begini Penampakan Ambulan Laut yang Akan Membantu Warga Pulau Bawean

Foto : Ambulan laut bantuan Pemkab Gresik untuk warga Pulau Bawean (faiz/gresiksatu.con)

GresikSatu | Fasilitas kesehatan di Kepulauan Bawean, kini semakin lengkap dengan adanya ambulan laut. Ambulan bantuan dari Pemkab Gresik itu siap mengantarkan warga kepuluan jika membutuhkan rujukan menuju RS daratan.

Ambulan laut dianggap efektif, karena sebelumnya, warga pulau yang hendak berobat ke darat harus naik kapal umum. Tentu saja itu menberatkan apalagi pasien harus berdesakan dengan penumpang kapal.

Kapal ambulans itu diproduksi oleh PT Blambangan Raya Perkasa di Banyuwangi. Kecepatannya 40 PK atau per satu jam membutuhkan 20 liter bahan bakar jenis pertalite. Kapal ambulans ini dilengkapi fasilitas alat medis standar pertolongan kesehatan.

Foto : Kondisi di dalam ambulan laut dilengkapi alat medis dan tempat tidur pasien. (faiz/gresiksatu.com)

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, ambulans itu berkapasitas 8 orang. Serta sudah dilengkapi sarana tidur untuk pasien. Sehingga ambulans ini sebagai langkah mitigasi pelayanan kesehatan di Pulau Bawean.

“Sehingga warga Bawean ada kemudahan dalam penanganan pelayanan kesehatan,” katanya, Kamis (2/6/2022).

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Gresik dr Mukhibatul Khusnah menambahkan, ambulan itu memuliki dua tempat tidur (TT) yang bisa digunakan. Sangat layak untuk digunakan trasportasi laut.

“Kemungkinan nanti bisa dilakukan rute Bawean – Gresik jika memang emergency. Dengan tingkat kedaruratan 20 knok kecepatan,” bebernya.

Diketahui, penyerahan ambulan laut itu diberikan langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Saat ini, ambulan lait akan terparkir di Terminal Pamona Desa Sidogedungbatu, Kecamatan Tambak Pulau Bawean. (faiz/aam)

Full Day School