Senin, 03/10/2022 | 15:36 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Begini Penampakan Kampung Pancasila Gresik yang Akan Dikunjungi Kasad Dudung

Gresiksatu.com
Salah satu warga Sukorame memperlihatkan patung hasil karyanya di Kampung Pancasila Gresik (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, direncanakan bakal berkunjung di Kabupaten Gresik, pada Kamis (1/9/2022) mendatang. Lokasi yang akan dikunjungi jenderal bintang empat itu salah satunya adalah, Kampung Pancasila di Kelurahan Sukorame, Kecamatan Gresik.

Diketahui, Kampung Pancasila di Sukorame, disebut-sebut sebagai miniatur Indonesia. Ada banyak penghuni dari berbagai suku, etnis, dan agama. Tidak kalah penting, dalam Kampung Pancasila setiap penduduk menjujung tinggi nilai-nilai toleransi sebagai kunci dari kerukunan dan keberagaman.

Bahkan kampung Sukorame pun sering mendapat juara dalam kompetensi perlombaan kampung. Mulai dari kampung Dambaan Petrokimia, kampung Lestari Bumi serta raihan prestasi lainnya.

Untuk menyambut kedatangan Kasad  Jenderal Dudung Abdurachman, puluhan warga dibantu anggota Kodim 0817/Gresik terus melakukan persiapan. Mulai dari mengecat, merapikan tanaman dan membersihkan monumen burung garuda Pancasila.

Tampak kondisi jalan kampung dipenuhi warna, berhiaskan aneka bunga dan lampu warna-warni. Setiap pintu masuk kampung tersebut ditandai dengan simbol Pancasila. Mulai dari patung, lukisan maupun simbol kebhinekaan lainnya.

“Ini sebuah kehormatan bagi warga Sukorame bisa dikunjungi seorang jenderal TNI. Sehingga kami ingin menyambut beliau sebaik mungkin,” ucap warga Sukorame Totok Hariyanto, Rabu (31/8/2020).

Dijelaskan, selain hal kegiatan perindah kampung, warga juga mempersiapkan seni pertunjukkan untuk menyambut kedatangan Alumnus Akmil 1988 itu. Diantaranya, warga akan menyambut dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah di tanah air. Serta menyuguhkan berbagai pertunjukan seni yang dibawakan para pemuda.

“Hingga produk UMKM warga Sukorame akan kami suguhkan. Termasuk sirup markisa,” jelasnya. 

Sementara itu, selain berkunjung ke Kampung Pancasila, Dudung juga akan bertandang ke Wahana Ekspresi Pusponegoro (WEP). Dengan kegiatan program penurunan angka stunting. Dalam hal ini Dudung dikukuhkan sebagai Duta Bapak Asuh Anak Stunting pada acara Hari Keluarga Nasional 2022. Serta meninjau program ketahanan pangan. 

“Mengikuti panen kacang hijau dan tanam jagung bersama para petani di Desa Tulung Kecamatan Kedamean,” ucap Kapendam V/Brawijaya Kolonel Arm Kusdi Yuli Suhanda.

Menurut dia, kunjungan tersebut terbuka bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi. “Namun wajib untuk menjaga ketertiban agar acara berjalan lancar,” ujarnya. (faiz/aam)