Senin, 03/10/2022 | 15:06 WIB
Gresik Satu
Nasional

Berkunjung ke Gresik, Jokowi Luncurkan Food Estate Mangga Asal Panceng

Gresiksatu.com
Jokowi saat melakukan penanaman mangga simbolis di Kawasan Food Estate Kecamatan Panceng Gresik. (Foto : Faiz/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Presiden Joko Widodo bersama Iriana Joko Widodo, Senin (22/8/2022) tadi berkunjung ke Kabupaten Gresik. Kedatangan orang nomer satu di Indonesia ini untuk meresmikan Pencanangan Food Estate basis mangga di kawasan Waduk Sukodono Kecamatan Panceng, Gresik.

Pantauan di lapangan, Jokowi bersama rombongan tiba sekitar pukul 08.18 WIB. Presiden langsung menerima pemaparan tentang pertanian food estate mangga di wilayah Gresik. Presiden pun secara simbolis menanam mangga harum manis sembari menyapa dan mendengar keluhan petani.

Presiden Jokowi mengatakan, pencanangan lahan food estate ini memiliki lahan seluas 1.000  hektar, tersebar di 22 desa dan empat Kecamatan. Yakni kecamatan Panceng, Dukun, Ujungpangkah, dan Sidayu. Semua dalam kawasan yang sudah terintegrasi di dalam satu kawasan.

“Ada embung air, food state membuat  masyarakat dan pihak swasta terus bergerak. Dari produksi food estate penanaman mangga ini, saya harap dalam tiga bulan bisa berbuah dan panen. Bahkan bisa ekspor dan bisa keperluan domestik masyarakat sekitar,” ucapnya.

Permintaan pasar yang terus bertambah, membuat pemerintah terus melakukan  persiapan. Permintaan banyak datang dari negara-negara Asia, Cina, Jepang hingga Korea. Untuk itu, komoditas pertanian mangga ini, tidak hanya ditanam di Kaboaten Gresik saja. Melainkan wilayah kabupaten lain.

“Pada penanaman bibit mangga ini sudah dilakukan manajemen yang baik. Hingga pendampingan kepada petani mangga agar kualitas mangga baik,” ujarnya.

Diketahui, pengembangan food estate mangga di wilayah Kecamatan Panceng itu merupakan rintisan Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Hortikultura. Program ini sekaligus menjadi tindak lanjut arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo pada pertemuan G20 di Italia beberapa waktu lalu.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani pun mengapresiasi langkah presiden dalam melakukan pencanangan Food Estate mangga di Kecamatan Panceng ini.

“Semoga nantinya Gresik benar-benar menjalankan program ketahanan pangan,”ucapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jatim  Irjen Pol Nico Afinta, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, beserta jajaran Forkopimda Jatim dan Gresik. (faiz/aam)