Jumat, 27/05/2022 | 22:13 WIB
Gresik Satu

Besok, Warga Gresik Nyoblos Kades

ilustrasi pilakes. (foto : istimewa)

GresikSatu | Tinggal satu hari lagi, pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak digelar. Beberapa panitia desa sudah ada yang mulai pengiriman logistik surat suara ke balai desa.

Kabid Bina Pemerintah Desa (DPMD) Nur Salim mengatakan, tahapan Pilkades sejak kemarin, sudah masuk tahapan masa tenang. Di Kabupaten Gresik, ada 47 desa yang akan gelar Pilkades serentak tahun 2022.

“Sementara masih kondusif, kami juga masih monitoring. Semua yang mengatur panitia di masing-masing desa,” ucapnya, Jum’at (25/3/2022).

Baca Juga : ASN yang Maju Sebagai Cakades, Tak Bisa Menikmati Gaji Dobel

Sedangkan untuk pengamanan akan dimulai hari ini Jumat (25/3/2022). Dengan melibatkan petugas gabungan TNI-Polri, Satpol PP Gresik.

“Nantinya para petugas gabungan akan melakukan pengawalan sampai pelaksanaan Pilkades,” ujarnya.

Adapun DPT paling banyak terdapat di Desa Randuagung, jumlahnya 11.022 dengan 25 TPS, disusul Desa Yosowilangun 8.807, 18 TPS, dan Desa Sidowungu 5.483, 12 TPS.

Sekedar diketahui, pelaksanaan Pilkades tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Para masyarakat yang mempunyai hak pilih harus melakukan prokes karena masih dalam masa pandemi Covid-19.

Mulai pengukuran suhu, memakai masker. Jika ada masyarakat yang melebihi suhu 37 saat pengecekan thermogun, maka akan di bawa ke bilik khusus suara. (Faiz/Sah)