Minggu, 25/09/2022 | 18:56 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Bikin Betah Penumpang, Bus Trans Jatim Bakal Dilayani Pramugari Cantik

Gresiksatu.com
Parmugari beserta santri dan pelajar asal Sidoarjo saat melakukan simulasi Bus Trans Jatim di Halte Gejos (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Sebentar lagi Pemprov Jatim bakal merilis trasportasi baru, namanya Bus Trans Jatim. Bus ini bakal melewati tiga kota, satu diantaranya Kabupaten Gresik. Keunggulan bus ini memiliki layanan pramugari seperti di moda trasportasi pesawat.

Hal itu seperi terlihat pada saat bus trans jatim melakukan simulasi di Halte Gejos Gresik, pada Selasa (16/8/2022) kemarin.

Bus ini memiliki kapasitas kouta sebanyak 40 orang. Meliputi 20 tempat duduk, dan 20 tempat berdiri. Untuk bisa menaiki bus, calon penumpang bisa menggunakan aplikasi Ajaib, untuk pembayaran. Sedang untuk tarif dekat penumpang dikenai biaya Rp 5 ribu dan Rp 2.500 untuk siswa sekolah.

Kepala Dishub Gresik Tarso mengatakan, pada simulasi uji coba bus Trans Jatim ini, sudah ada beberapa penumpang. Diantaranya, para pelajar dan santri. Para penumpang dilayani oleh pramugari. Semua kebutuhan di dalam bus akan dibantu oleh pramugari.

“Santri dan Pelajar beserta sopir dan pramugari berangkat ke Halte Gejos dari Porong Sidoarjo, lalu kembali lagi ke Sidoarjo,” ucapnya, Rabu (17/8/2022).

Dalam bus nantinya ujar Tarso, ada dua petugas meliputi sopir dan pramugari atau pramugara. Sedangkan untuk jam operasional akan dimulai sejak pagi pukul 05.00 WIB sampai malam pukul 21.00 WIB.

“Pukul 21.00 WIB bus sudah tiba di Sidoarjo. Artinya bus sudah berhenti operasi pada waktu itu. Untuk waktu pagi masih kami evaluasi. Karena bisa berubah sesuai tenggang waktu antara Sidoarjo – Gresik,” paparnya. 

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Angkutan Barang Anom Kusumo Laksono menambahkan, nanti sejak dimulai launching. Masyarakat bisa memanfaatkan waktu selama seminggu untuk menaiki bus tersebut secara gratis. “Mulai launching hingga satu minggu gratis,” ucapnya. 

Diketahui, total bus Trans Jatim yang akan beroperasi berjumlah 20 Bus. Perinciannya 10 dari Porong Sidoarjo, 10 bus dari Terminal Bunder. Bus tersebut akan berhenti di 10 titik halte di Gresik.

Adapun rutenya Bus Trans Jatim Koridor I dengan Terminal Porong – Larangan – Terminal Bungurasih – kemudian naik tol turun Exit Romokalisari – Jalan Veteran – Jalan Kartini – Jalan Dr Wahidin dan berhenti di terminal Bunder begitu sebaliknya. (faiz/aam)