Jumat, 27/05/2022 | 00:16 WIB
Gresik Satu

Bikin Nagih: Berikut 4 Destinasi Wisata Alam Gresik Memanjakan Mata

Teks Foto: Gapura Masuk Kota Gresik

GresikSatu | Memilih keluar rumah untuk pergi ke destinasi wisata menjadi pilihan sebagian banyak orang. Apalagi soal menghabiskan waktu libur akhir pekan.

Tidak perlu sampai pergi jauh keluar kota, sebab banyak pilihan destinasi wisata dalam kota yang cocok untuk sekedar relaksasi bersama teman, pacar, atau keluarga. Jika merasa bosan sama tempat nongrong seperti kafe, mall, resort atau karaoke, berarti wisata alam bisa menjadi rujukan utama.

Tidak perlu khawatir, banyak pilihan berwisata Gresik memanjakan mata. Dijamin tidak menyesal dan puas seharian penuh di tujuan. Masih bingung menentukan mau ke mana? Tenang saja, berikut destinasi wisata alam Gresik pilihan GresikSatu untuk mengisi libur akhir pekan:

Teks Foto: Bukit Jamur (istimewa)
  1. Bukit Jamur

Siapa yang tidak heran di Gresik, tepatnya Desa Bungah ada perbukitan nyeleneh berbentuk menyerupai Jamur. Sebelum beralih menjadi destinasi wisata, dulunya bekas pertambangan kapur.

Sebenarnya, fenomena Jamur terjadi menahun akibat terkikis angin membawa terbang serpihan kecil bebatuan. Setelah viral, Bukit Jamur banyak dikunjungi wisatawan lokal dan luar kota. Terutama, fotografer pengincar spot panorama artistik.

Waktu tepat berkunjung yakni pagi atau sore jika tidak ingin kepanasan. Apabila ingin bereksplorasi yang terkesan unik atau hobi menjepret foto berlatar fenomena alam tak biasa, wajib mampir ke sini.

Teks Foto: Air Terjun Grojongan Candi. (Istimewa)

2. Air Terjun Grojongan Candi dan Air Terjun Laccar

Tidak mau ketinggalan, Pulau Bawean punya pesona wisata tersendiri. Terletak sebelah utara Gresik memang punya segudang wisata alam. Apabila mencari wisata air yang asik nan eksotis disana, harus mampir ke lokasi Air Terjun memang tepat.

Tersedia dua lokasi, Air Terjun Grojongan Candi terletak di Candi-Paromaan, Air Terjun Lanccar terletak di kawasan Kebun Teluk-Sangkapura. Keduanya destinasi wisata “hidden gems” yang punya potensi, jarang diketahui wisatawan awam.

Keindahan aliran Air Terjun dari ketinggian tertentu turun deras ke tanah, dan rimbunan pohon mengelilingi lokasi menambah kesan teduh saat berendam. Sesekali cobalah tempatkan badan, duduk rileks bersila pada titik jatuhnya air. Sensasinya serasa dipijat alam langsung.

Teka foto : Wisata Alam Gosari. (istimewa)

3. Wagos: Wisata Alam Gosari

Terletak di Gosari-Ujungpangkah, Wagos singkatnya menjadi rujukan pas ketika buat kumpul bareng keluarga. Harga tiket masuk dipatok sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan (dewasa sebesar 10.000,- dan anak-anak 5.000,-), bisa menikmati fasilitas didalam.

Wisatawan dibuat merasakan keasrian hamparan alam dan kesegaran udara khas perdesaan saat menginjak lokasi. Di Wagos punya aneka spot bernuansa, seperti memasuki spot padang bunga, perumahan unik, hingga perbukitan alam.

Kabar baiknya, bagi penggemar nuansa jepang tidak perlu jauh berlibur ke negeri Sakura Jepang. Sebab wisata ini tersedia replika Gapura Torii, jembatan, rumah tradisional khas Jepang buat yang suka mengabadikan momen selfi sendiri atau bersama. Lokasi pas banget buat wanita yang ngedoyan selfie sepuasnya.

Teks Foto : Banyu Urep Mangrove (istimewa)

4. Banyu Urip Mangrove

Ternyata Gresik juga ada Ekowisata atau wisata konservasi lingkungan hidup. Punya potensi besar pada aspek edukasi, pemberdayaan sosial-budaya lokal dan pariwisata.

Banyu Urip Mangrove terletak di Banyu Urip-Ujungpangkah adalah destinasi wisata yang menawarkan pesona pesisir pantai dan hutan mangrove. Tidak cukup di situ, wisatawan disuguhkan oleh tampilan perahu nelayan tertata cukup rapi.

Tampak juga kegiatan transaksi kecil-kecilan komoditas niaga hasil tangkapan laut, menambah pengalaman baru berlibur di pesisir pantai Gresik. Kondisi ekosistem yang stabil membuat kawanan burung bangau menjadikan hutan Mangrove sebagai habitat mereka.

Fenomena ini layak diabadikan dalam jepretan foto. Tidak luput embusan segar angin laut, pesona pesisir pantai nan eksotis, riuh suara khas kicauan Bangau Putih dijamin bikin nagih, serasa pengen balik ke tempat untuk kedua kalinya.

Itu tadi 4 saran destinasi wisata di Gresik khusus kami sediakan untuk mengisi selama waktu libur akhir pekan. Selamat belibur ria dan jangan lupa abadikan dalam jepretan foto terbaik! **