Minggu, 25/09/2022 | 19:07 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Politik

Bimtek Pertama, KPU Jatim Tingkatkan Akuntabilitas Keterbukaan Informasi Publik 

Gresiksatu.com
Ketua KPU Jatim Choirul Anam saat membuka acara Bimtek di Pemkab Gresik. (Foto : Faiz/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam melakukan tahapan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 nanti. Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) di di Ruang Mandala Bhakti Praja Lantai 4, Kantor Bupati Gresik, Kamis (22/9/2022).

Bimtek ini diikuti seluruh komisioner KPU Jatim beserta dan jajaran anggota KPU Kota /Kabupaten di Jatim. 

Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, pada bimtek pertama yang digelar jelang tahapan Pemilu 2024 ini, keterbukaan informasi publik merupakan salah satu elemen penting bagi KPU. Hal tersebut sejalan dengan dengan tiga nafas utama di KPU yakni integritas, profesionalitas, dan akuntabilitas (transparansi). 

“Akuntabilitas dapat diwujudkan salah satunya dengan transparansi. Wajib hukumnya sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk memberikan akses keterbukaan informasi kepada publik,” kata Anam. 

Untuk itu lanjut dia, menjaga akuntabilitas juga mejadi sarana membangun Pemilu yang legitimate. Sebagai upaya untuk membangun kepercayaan kepada publik. 

“Partisipasi publik tidak bisa dibangun secara instan, harus menggunakan kerja-kerja terukur,” jelas Anam.

Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada KPU Kabupaten/Kota membuka seluas-luasnya informasi. “Termasuk soal serapan anggaran,” imbuh mantan Anggota KPU Kota Surabaya itu. 

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada KPU Jatim karena telah menyelenggarakan Bimtek di Kabupaten Gresik. Karena saat ini sudah mulai kepadatan kegiatan KPU Jatim dan KPU Kabupaten/Kota mempersiapkan Pemilu 2024.

“Kami harap forum ini menjadi awal yang baik untuk ke depannya. Semoga dengan adanya Bimtek, penyelenggaaraan KPU dalam keterbukaan informasi publik semakin membuka wawasan kepada masyarakat bahwa tidak ada lagi hal-hal yang disembunyikan,” tutur Bu Min kerap disapanya. 

Diketahui, Bimtek ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi, peningkatan pengelolaan serta penyamaan persepsi terkait keterbukaan informasi publik di Lingkungan KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. 

Pada sesi berikutnya dijadwalkan akan disampaikan materi terkait Evaluasi Penyusunan Daftar Informasi Publik (DIP) serta Klasifikasi Informasi Publik oleh Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur. 

Turut hadir dalam acara anggota KPU Jatim Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Perencanaan dan Logistik Miftahur Rozaq, Divisi Teknis Penyelenggaraan Insan Qoriawan, Sekretaris Nanik Karsini, Kepala Sub Bagian (Kassubag) dan Staf Parmas.

Beserta peserta Bimtek yaitu 38 KPU Kabupaten/Kota yang terdiri dari Divisi Sosidiklih Parmas dan SDM, Kasubbag Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Partisipasi dan Hubungan Masyarakat, serta Operator e-PPID. (faiz/aam)