Selasa, 09/08/2022 | 21:35 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Blower Alami Overheat, PT Kaliandra Merah Nusantara Menganti Terbakar 

Gresiksatu.com
Petugas Damkarla saat memadamkan api pada blower yang terbakar di PT Kaliandra Merah Nusantara (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | PT Kaliandra Merah Nusantara di di Desa Gempol Kurung, Kecamatan Menganti, Gresik, terbakar, pada Rabu (20/7/2022) tadi malam. Dugaan sementara, kebakaran itu dialibatkan blower mengalami overheat. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Krinologisnya, kebakaran blower diketahui pada pukul 20.40 WIB, Rabu malam (20/7/2022). Kemudian security pabrik langsung meminta bantuan pemadaman ke Damkarla Gresik. Proses pemadaman pun tidak mudah. Pasalnya percikan media yang terbakar dari blower itu membakar serbuk kayu di lokasi kejadian. 

“Dua mobil Damkar dan enam petugas tiba di lokasi sekitar pukul 21.15 WIB selesai sekitar pukul 01.00 WIB dini hari,” ungkap Kepada Damkarla Gresik Agustin Halomoan Sinaga, Kamis (21/7/2022). 

Dijelaskan, suhu yang terlalu panas pada blower Pabrik membuat percikan api dan membakar serbuk kayu dalam blower. Pihaknya juga belum bisa memperkirakan kerugian yang ada dalam pabrik tersebut. 

“Kerugian dari peristiwa kebakaran itu masih  ditaksir dalam perhitungan,” imbuhnya. 

Dengan demikian, kejadian kebakaran pada bulan Juli 2022 sudah ada 9 kejadian, sedangkan penyelamatan ada 19 kejadian. (faiz/aam)