Selasa, 09/08/2022 | 21:56 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Bupati Gresik dan kementerian ESDM Bagi Kompor Gas Gratis di Sedekah Bumi

bupati sedekah bumi bagi kompor gas
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kanan) bersama warga saat membagikan kompor gas gratis di acara sedekah bumi, Minggu (31/7/2022)./ (Foto:TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Sedekah bumi di Dusun Cagak, Desa Cagak Agung, Kecamatan Cerme pada Minggu, (31/7/2022) kembali digelar setelah 2 tahun terhenti akibat pandemi dengan menampilkan pagelaran wayang kulit dan pembagian secara simbolis kompor gas dari kementerian ESDM yang diwakili oleh PT. Gresik Migas.

Sedekah Bumi kali ini Dihadiri langsung oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Camat Cerme Umar Hasyim, Kapolsek Cerme Mushiram, Danramil Cerme Karmu, Kepala Desa Cagak Agung Muhammad Sapaat, AKD Gresik, dan Dirut PT. Gresik Migas Habibullah, serta para undangan lainnya.

Bupati Gresik yang akrab disapa Gus Yani menyebut acara Sedekah Bumi ini merupakan sebuah rasa syukur dan terima kasih kepada Allah SWT, juga merupakan salah satu amalan di bulan Muharram. Selalu melestarikan kesenian tradisional seperti kesenian Wayang Golek yang ditampilkan pada sedekah bumi.

“Mudah-mudahan seni budaya ini tetap kita lestarikan, karena ini merupakan warisan budaya yang harus kita jaga” ucapnya.

Gus Yani juga menyampaikan bahwa program jaringan gas beserta kompornya ini, merupakan buah dari amanat yang diberikan oleh pemerintah untuk memberikan manfaat pada warga sekitar.

“Pak Habibullah ini yang menjabat sebagai dirut migas, yang mana ditugaskan oleh pemerintah harus bisa memberikan manfaat, dalam hal ini memberikan kontribusi bahwasanya pelayanan jaringan gas dan kompornya yang mana bekerjasama dengan kementerian ESDM” ujarnya.

Ditempat yang sama, Habibullah selaku Dirut PT. Gresik Migas yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) menuturkan, kalau pemasangan program jaringan gas tahun ini sudah berjalan 90% dan akan ditambah lagi pemasangan jaringan gas sebanyak 1.000 rumah tangga di tahun ini. Ia juga menjamin kalau pemasangan jaringan gas tidak akan dipungut biaya alias gratis.

“Maka dari itu Pak Bupati pada tahun 2021, memerintahkan kepada kita untuk memberikan jaringan gas, dengan catatan 1, gratis tidak ada biaya apapun untuk pemasangannya” tandasnya.

“Sebagai laporan Pak Bupati, sudah terpasang jargas ini sekitar 90%, dan kompor juga sudah siap diberikan kepada penerima manfaat, dan insyaallah pada tahun ini juga akan ditambah 1.000 saluran rumah tangga” tambahnya. (Tov)