Senin, 03/10/2022 | 14:35 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Bupati Gresik dan Wakil Bupati Hadiri Launching Gending Gabut dan PKK Gending Gendis

bupati pkk gendis
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah bersama warga Kelurahan Gending Kecamatan Kebomas usai launching Gending Gabut dan PKK Gending Gendis. / (Foto: TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Kelurahan Gending Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik telah menciptakan sebuah inovasi rintisan Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKEL) yaitu Gending Gabut (Gabungan Usaha Terpadu) dan PKK Gending Gendis (Gerakan Digitalisasi).

Hadir pada acara launching Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah, Wakil Ketua DPRD Gresik Ahmad Nurhamim, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali, Camat Kebomas Yusuf Anshori, Lurah Gending Rian Pramana.

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani dalam arahannya menyampaikan Gabungan Usaha Terpadu (Gending Gabut) dan PKK Gending Gendis merupakan inovasi mudah-mudahan menjadi pilot project di seluruh kelurahan di Kabupaten Gresik.

“Gending Gabut yang meliputi bidang keberdayaan ekonomi, bidang lingkungan dan bidang digital, seni dan kreasi anak kemudian PKK Gending Gendis sebuah gerakan digitilasasi di era teknologi modern sudah menunjukkan sebuah pembangunan sesuai 9 prioritas tematik atau Nawa Karsa yang menjadi nafas pembangunan menuju Gresik baru,” jelasnya.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dalam sambutannya menyampaikan Kabupaten Gresik yang merupakan kota Industri namun masih tingginya angka pengangguran dan angka kemiskinan menjadi PR kita bersama salah satu nya sebuah inovasi yang saat ini yang dimiliki oleh Kelurahan Gending.

“Ini merupakan upaya mengurangi angka pengangguran dan angka kemiskinan dengan memberdayakan masyarakat melalui Gabungan Usaha Terpadu (GABUT). UMKM akan menjadi tulang punggung dalam peningkatan ekonomi di Indonesia khususnya di Kabupaten Gresik,” ucap Bu Min sapaan akrab Wabup.

Sementara itu Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani mengatakan PKK Gending Gendis merupakan satu-satunya cara penataan administrasi yang menggunakan teknologi digital. Segala sesuatu program kerja harus mengacu pada data akan sangat memudahkan ketika ada program pemerintah yang membutuhkan peran PKK.

“Dengan demikian dapat memetakan program apa saja yang diperlukan masyarakat, inovasi yang harus bisa ditiru oleh kelurahan dan desa yang lain di Kabupaten Gresik dalam digitalisasi data,” jelasnya.

Lurah Gending Rian Permana mengatakan Gending Gabut saat ini memiliki 3 (tiga) bidang rintisan usaha diantaranya, Pertama Bidang Keberdayaan Ekonomi dengan Gending Gabut Coworking Space sebagai cafe dan ruang kolaborasi yang memanfaatkan pengolahan hasil kebun pemulihan.

“Kebun pemulihan merupakan inovasi pemulihan penyintas KDRT melalui teknik berkebun permaculture yang didampingi oleh Fatayat NU, Savy Amira, Grand Chalenge Canada dan Kelurahan Gending,” terangnya. (Tov)