Sabtu, 20/08/2022 | 12:38 WIB
Gresik Satu
Uncategorized

Bupati Gresik dan Wakil Hadiri Halal Bi Halal Bu Nyai Nusantara Regional Jawa Timur

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani bersama Wakil Bupati Aminatun Habibah menghadiri acara halal bi halal Bu Nyai Nusantara Regional Jawa Timur yang digelar di ballroom giriloka hotel Aston Inn Gresik, Sabtu (11/6/2022)./ (Foto:TBK/gresiksatu.com)
 Advertisement

GresikSatu I Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama Wakil Bupati Aminatun Habibah menghadiri acara halal bi halal Bu Nyai Nusantara Regional Jawa Timur yang digelar di ballroom giriloka hotel Aston Inn Gresik, Sabtu (11/6/2022). Ada dua program penting yang menjadi unggulan di forum pengasuh pesantren putri regional Jawa Timur.

Maslachatul Ammah, Koordinator Bu Nyai Nusantara Jatim sekaligus pengasuh pondok pesantren tambak beras Jombang menyampaikan, Bu Nyai Nusantara ini adalah sebuah wadah forum pengasuh pesantren putri yang launching pada 2019 kemaren Alhamdulillah sudah tersebar di 32 Kabupaten Kota di Jawa Timur.

Dalam halal bi halal ini ada 2 program penting yang menjadi program unggulan Bu Nyai Nusantara pada hari ini, ” katanya.

Pertama, Gerakan bersama membangun pesantren ramah anak dan santri. Ini harus menjadi gerakan bersama sebagai konfirmasi bahwasanya pesantren-pesantren ini khususnya pesantren Ibu Nyai Nusantara berkomitmen untuk membangun pesantren yang sangat sehat dan ramah terhadap santri.

Baca Juga: Perkuat Kerukunan, Sembilan Perguruan Silat Latihan Bersama Kodim 0817/Gresik

Kedua, Festival Lalaran Santri Nusantara (Ferrari NU), untuk meneguhkan dan mengingat identitas dan tradisi metode pembelajaran pesantren yang harus Istiqomah kita jaga salah satunya adalah tradisi lalaran Nadzom. Untuk itu kami akan mengadakan lomba Festival Lalaran Santri.

“Apapun dinamika pesantren yang kita baca bersama terkait dengan penyimpangan-penyimpangan yang beredar luas bisa dipastikan bukan dari pesantren NU khususnya Bu Nyai Nusantara, ” tegasnya.

Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani mendukung penuh 2 program unggulan yang telah di inisiasi Bu Nyai Nusantara Regional Jawa Timur membawa dampak yang baik pada SDM santriwan dan santriwati di Jawa Timur da menjadi percontohan pesantren di Indonesia.

“Sebuah organisasi Bu Nyai Nusantara ini mudah-mudahan suatu wadah yang akan memberikan energi positif baik di kalangan pesantren maupun kemajuan pembangunan daerah, “semoga hubungan silaturahmi ini terus terjalin kedepan,” pungkasnya.

Sementara, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah dalam sambutannya menyampaikan selamat datang di Kabupaten Gresik dalam acara halal bi halal Bu Nyai Nusantara Regional Jawa Timur serta soft launching pesantren ramah anak dan santri.

“Perlu diketahui Kabupaten Gresik yang berjuluk kota santri akan senantiasa mendukung 2 program yang menjadi unggulan Bu Nyai Nusantara Regional Jawa Timur kali ini, “ungkap Ning Min sapaan akrab Wabup Gresik.

Selain dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Gresik turut hadir Wakil Ketua Rois Syuriah PWNU Jatim, KH. Agoes Ali Masyhuri, Ketua PW RMI NU Jatim, KH. Iffatul Lato’if, Ketua PCNU Gresik, KH. Mulyadi, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik, Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani, Ibu Nyai Pengasuh Pondok Pesantren Putri se-Jawa Timur dan menghadirkan penceramah KH. Ahmad Muwafiq asal Semarang Jawa Tengah.