Minggu, 29/05/2022 | 05:51 WIB
Gresik Satu

Bupati Gresik Terima Kunjungan Kerja Dirjen Hortikultura Kementan Terkait Food Estate

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (dua dari kiri) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Direktur Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementerian Pertanian (Kementan), Kamis (12/5/2022)./ (Foto: TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Direktur Jenderal (Dirjen) Holtikultura Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI) Prihasto Setyanto bersama rombongan. Kunker ini meninjau lokasi rencana pengembangan pangan skala luas / Food Estate (FE) tanaman Mangga di Kabupaten Gresik.

Bupati yang akrab disapa Gus Yani mengapresiasi pihak Kementan atas dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik dalam sektor pertanian dan peternakan. Apalagi menurutnya, Gresik memiliki potensi yang sangat besar dalam produksi hasil pertanian, baik tanaman pangan maupun buah-buahan yang bahkan sudah beberapa kali menembus pasar mancanegara.

“Kondisi tanah di Kabupaten Gresik ini mendukung kualitas tanaman Mangga yang dihasilkan. Disamping Mangga, disana juga ada Jeruk Nipis yang luas lahannya hingga 400 Ha,” terangnya, Kamis (12/5/2022).

Dalam kesempatan ini, Gus Yani juga menyampaikan berbagai persoalan utamanya pemasaran pasca panen. Besar harapannya agar Pemerintah Kabupaten Gresik dengan pihak Kementan bisa terus berdialog, karena ini tidak bisa dilakukan sendiri sehingga hasil pertanian menjadi nilai tambah bagi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik yang sudah ditetapkan.

Baca Juga: Rugikan 87 User Pembeli Rumah, Dirut PT Golden Artha Jaya Diadili

“Harapan kami agar bisa berdialog dengan Kementan, sebab ini tidak bisa dilakukan secara sendiri. Sektor Pertanian menjadi nilai tambah bagi KEK Gresik,” jelas Gus Yani.

Lewat kunker ini, kedepan langkah-langkah yang akan dilakukan adalah pengembangan, perluasan dan pemeliharaan tanaman Mangga yang sudah ada, sehingga hasil panennya bisa mencukupi kebutuhan pasar lokal dan ekspor.

Tidak hanya itu, dukungan berupa pendampingan dan pelatihan serta pengawalan akan diberikan dari dirjen holtikultura untuk meningkatkan kualitas dan mutu tananan Mangga di Gresik.

Dalam kegiatan Kunker ini, diikuti pula oleh Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Tommy Nugraha dan Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Hortikultura Bambang Sugiharto. Turut serta mendampingi Bupati Yani, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gresik Eko Anindito.*