Sabtu, 26/11/2022 | 19:29 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Kesehatan

Cegah Rabies, PetShop Kawan Hewan Gresik Gelar Vaksinasi Gratis ke Hewan Peliharaan

Gresiksatu.com
PetShop Kawan Hewan Gresik Gelar vaksinasi cegah penyakit Rabies. (Foto : Aam Alamsyah/Greskksatu.com)

GresikSatu | Bahaya penyakit rabies ternyata tidak bisa disepelakan. Resiko yang paling mengancam melalui gigitan hewan pada manusia adalah kematian. Dari data yang dihimpun tahun 2020, kematian dari rabies per tahun lebih dari seratus orang.

Mengantisipasi hal itu, PetShop Kawan Hewan Gresik menggelar vaksinasi hewan, yang bertempat di gerai kawasan Ruko Grand Bunder 2 Kav 13A, Graha Bunder Asri. Vaksinasi ini, sekaligus acara puncak Hari Rabies Sedunia (World Rabies Day) yang diperingati setiap 28 September.

Owner dari Kawan Hewan drh Dara mengatakan, dalam perayaan World Rabies Day tahun ini, pihaknya telah menyiapkan 50 dosis vaksin anti rabies. Vaksinasi ini digelar mulai hari Jumat 23 September dan berlanjut hingga Sabtu 24 September 2022 kemarin.

“Meskipun 50 dosis vaksin anti rabies dari Kawan Hewan sudah habis, kami menyediakan dosis tambahan. Kegiatan ini masih gratis sampai tanggal 28 Septmber,” katanya, Selasa (27/9/2022).

Dijelaskan, penyakit rabies atau sering disebut penyakit anjing gila merupakan penyakit berbahaya pada hewan dan manusia dengan tingkat kematian (case fatality rate) hingga 100 persen. Rabies berupa virus yang berbentuk seperti peluru bersifat neurotropis, menular dan ganas.

“Penyebar virus ini yang paling utama adalah anjing, sisanya adalah monyet, kucing, dan musang. Oleh sebab itu, perlu peranan semua pihak untuk mengendalikan laju penularan rabies,” jelas dokter lulusan Unair Surabaya itu.

Menurut Dara, di Jawa Timur sendiri kasus rabies masih dinyatakan bebas. Kendati demikian, kondisi ini tidak bisa lengah. Harus ada antisipasi agar virus mematikan dari hewan ini tidak menjadi ancaman bagi manusia dan sekitarnya. Apalagi di beberapa daerah di Indonesia sendiri, masih belum dinyatakan bebas.

Ciri-Ciri Hewan Terkena Rabies

Sementara itu, Manajer Kawan Hewan drh Granita menuturkan, ciri-ciri hewan yang terinfeksi virus rabies. Antara lain, hewan bersifat agresif atau galak, mulutnya keluar lendir secara berlebihan, dan sangat takut pada air.

“Untuk itu jika melihat atau mengetahui ciri-ciri hewan terkena rabies yang seperti itu, agar segera dilaporkan ke klinik hewan atau pukeswan terdekat,” terangnya.

Adapaun, syarat hewan yang aman untum divaksinasi, yakni minimal usia 6 bulan, tidak dalam kondisi bunting/hamil dan tentunya tidak sedang sakit. Dia berharap masyarakat mempunyai kesadaran untuk memvaksin hewan peliharaannya, tidak hanya pada momentum peringatan World Rabies Day saja.

“Sekadar informasi kami di Kawan Hewan juga menyediakan beberapa dosis vaksin untuk anabul kesayangan anda dengan harga yang terjangkau. Selain itu di Kawan Hewan juga menyediakan layanan konsultasi kesehatan hewan peliharaan baik datang ke outlet Kawan Hewan atau layanan Home Care,” katanya memungkasi. (aam)

Baznas Gresik