Senin, 03/10/2022 | 15:46 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Kesehatan

Cegah Stunting, Ketua TP PKK Gresik Sosialisasi Produk Perikanan untuk Gizi Keluarga

whatsapp image 2022 09 06 at 18.58.50
Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak (kanan) berbincang dengan Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani di acara sosialisasi ragam produk perikanan, Selasa (6/9/2022). / (TBK/gresiksatu.com)

GresikSatu I Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani bersinergi dengan Tim Pokja 3 TP PKK Provinsi Jawa Timur menggelar sosialisasi ragam produk perikanan dalam rangka peningkatan gizi keluarga bertempat di salah satu mall di Gresik

Menghadirkan Chef Muhammad Chilmi dari Kota Pasuruan sebagai Instruktur, ibu – ibu TP PKK mendapat kesempatan mempraktekkan secara langsung cara mengolah Ikan Bandeng khas Gresik menjadi otak-otak dan bandeng presto yang lezat serta mengolah udang bola kriuk yang gurih dan nikmat disantap.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua TP PKK Provinsi Jawa Timur yang juga selaku Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin Emil Dardak menjelaskan, bahwa kegiatan itu bertujuan untuk membawa produk perikanan yang bergizi tinggi ke dapur keluarga di Jawa Timur dan menjadi makanan sehari hari serta disukai oleh seluruh anggota keluarga terutama ibu-ibu hamil dan anak-anak dengan berbagai macam ragam olahannya.

“Sebagai salah satu tanggung jawab kita semua untuk mengurangi Stunting di wilayah Jawa Timur dengan meningkatkan ragam olahan pangan perikanan untuk mendapatkan pangan bergizi beragam dan seimbang,” ujarnya, Selasa (6/9/2022).

Pemerintah menargetkan prevalensi stunting turun 14% pada tahun 2024. berupaya menanggulangi permasalahan stunting melalui Program Suplementasi yaitu perubahan perilaku konsumsi masyarakat agar mengkonsumsi sumber makanan yang beragam, kaya akan kandungan gizi termasuk zat gizi mikro yang sehat, aman dan fortifikasi pangan.

“Stunting merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah, bahkan diputus mata rantainya dengan memperhatikan asupan nutrisi dalam makanan yang kita makan, salah satu nutrisi dan protein yang penting untuk tubuh yakni dengan mengkonsumsi ikan,” kata Arumi.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Gresik Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani dalam sambutannya menyampaikan, mari kita satukan tekad dan niat kita untuk memajukan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan konsumsi ikan yang telah diakui manfaatnya bagi kesehatan serta kecerdasan oleh para ahli gizi.

“Untuk membangun sesuatu yang besar tentunya dimulai dari yang kecil terlebih dahulu, begitu juga halnya untuk meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat haruslah kita mulai dari peningkatan konsumsi ikan di Keluarga,”

Dalam menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing serta berkarakter maka pembangunan pembinaan fisik dan mental haruslah dimulai dari keluarga, maka pemberian nutrisi dan gizi yang baik pada anak harus dimulai sejak dari usia dini terutama saat dalam kandungan sehingga usia balita dimana perkembangan fisik dan mental pada anak bisa berkembang dengan pesat.

“Asupan yang sehat dan bergizi serta bermanfaat untuk pertumbuhan fisik dan membentuk kecerdasan anak tak lupa adalah kehalalan makanan yang sangat berpengaruh terhadap mental dan perilaku atau akhlak anak,” ucap Nurul. (Tov)