Kamis, 30/06/2022 | 01:57 WIB
Gresik Satu
Ekonomi

Cuaca Tidak Menentu, Harga Cabai Rawit Meroket 

Teks foto : Salah satu pedagang Pasar Baru Gresik saat menunjukkan cabai rawit yang mengalami kenaikan (Faiz /gresiksatu.com)

GresikSatu | Cuaca yang tidak menentu seminggu terkahir ini, membuat  harga cabai rawit di Gresik meroket. Dari harga Rp 45 ribu menjadi  Rp 88 ribu per kilogram di Pasar Baru Gresik. Harga tersebut mengalami lonjakan 50% dari seminggu sebelumnya. 

Salah satu pedagang Mamat, mengatakan, kenaikan cabai rawit sejak seminggu terakhir. Karena faktor cuaca tidak menentu sehingga petani banyak gagal panen dan pasokan berkurang. 

“Pembeli berkurang, tapi tengkulak lancar pengiriman,”ucapnya, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga : Hewan Sapi yang Terserang PMK Akut, Haram Dikurbankan

Komoditas lain juga mengalami kenaikan. Misalnya, cabai besar darin Rp 35 ribu naik menjadi Rp 60 ribu dan bawang merah, dari Rp 30 ribu menjadi Rp 45 ribu.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perindag (Diskoperindag) Pemkab Gresik Malahatul Farda tidak menampik harga komoditas cabai rawit mengalami kenaikan di sejumlah daerah.

Karena faktor cuaca yang tidak menentu belakangan ini. “Banyak petani di gagal panen, sehingga pasokan berkurang,” ucapnya. (faiz/aam)

Full Day School