Senin, 03/10/2022 | 15:08 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Dapat Suntikan Dana 33 M, Pipanisasi Jalur Kedanyang Dimulai

Gresiksatu.com
Para pekerja sedang mengerjakan pipa di Perumahan Graha Bunder Asri (Foto : Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Progres pemasangan jaringan pipa air milik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta semakin terkoneksi. Saat ini, pipa dari SPAM Umbulam dan dari Legundi sedang dipertemukan. Titiknya bertemu di reservoir Bunder.

Tampak para pekerja sedang mengerjakan pipa di Perumahan Graha Bunder Asri. Pipa itu akan melewati Desa Kedanyang, kemudian mengarah ke Reservoar Bunder. Panjangnya 25,90 kilometer.

Kepala Dinas Cipta Karya PKP Gresik Ida Lailatus Sa’diyah mengatakan, pemasangan pipa itu mulai dari terminal Bunder hingga ke Masjid Agung dengan paket pekerjaan yang berbeda dengan reservoir. Selain mengarah ke kota, nantinya juga akan ditambahkan aliran ke Desa Kedanyang melalui Graha Bunder Asri (GBA).

“Pipa yang ke masjid agung itu nanti di GBA akan disambungkan untuk yang ke Kedanyang,” ucapnya, Selasa (6/9/2022). 

Menurut dia, saat ini memang sedang dikerjakan pipanisasi. Baik pipa jaringan Bunder-Masjid Agung, maupun Bunder-Kedanyang. Pekerjaan koneksi antar jaringan ini menggunakan dua paket yang berbeda.

Untuk pipanisasi menggunakan APBN dana alokasi khusus (DAK). Nilainya Rp 33 miliar. Sedangkan APBD digunakan untuk pembangunan reservoar Bunder senilai Rp 6 miliar.

“Nantinya, reservoir itu akan menampung air dari rumah pompa di Cerme dan dari Giri. Suplai air dari kedua tempat itu ditampung di reservoir bunder untuk dialirkan ke tiga titik,” paparnya. 

Dua titik tambah Ida, ke Duduksampeyan dan Manyar akan menggunakan existing. Sementara satu titik akan dialirkan ke wilayah perkotaan. Namun untuk wilayah perkotaan akan menggunakan pipa.

“Nah pipainasi Perumda Giri Tirta sekarang ini yang nanti digunakan,” pungkasnya. (faiz/aam)