Jumat, 12/08/2022 | 23:11 WIB
Gresik Satu
Ekonomi Finansial

Dekopinda Gresik Ngobras Edukasi Digitalisasi dan Perpajakan Kepada Pengurus Koperasi 

Gresiksatu.com
Pengurus Dekopin Jatim saat menyampaikan Ngobras tentang edukasi digitalisasi dan perpajakan di Aula PKPRI Gresik (Foto :Faiz /Gresiksatu.com)

GresikSatu | Dalam memperingati Hari Koperasi ke – 75 tanggal 12 Juli 2022. Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Gresik menggelar acara Ngobrol Bareng tentang Koperasi (Ngobras) Kemarin, Kamis (7/7/2022). Ngobras ini berisi edukasi digitalisasi dan perpajakan koperasi

Bertempat di Aula Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI)  Gresik, Plt Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Malahatul Fardah, menyampaikan, pentingnya transformasi digital untuk mengembangkan koperasi. 

“Sekarang ini sudah era digitalisasi, maka kedepan sangat penting sistem koperasi digital,” ucapnya, Jumat (8/7/2022). 

Untuk mempercepat sistem digital ini, jelas Fardah, koperasi bisa menggandeng anak muda atau generasi milenial. “Tentu banyak pengurus koperasi yang sudah senior. Namun perlu bantuan generasi milenial untuk sistem digitalisasi,” ujarnya. 

Kasi Organisasi dan Tata Laksana Dinkop UKM Jawa Timur Linda Rosani mengatakan, koperasi merupakan asas perekonomian masyarakat. Di Jawa Timur sendiri proporsi pendapatan terbesar dari Koperasi dan UMKM. 

“Nilai tambah keseluruhan kontribusi nilai tambah K-UMKM terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Jawa Timur tahun 2021 sebesar 57,81 persen,” ucapnya.

Terkait kewajiban perpajakan, dijelaskan Sekretaris Dewan Koperasi Wilayah (Dekopinwil) Jatim Nugroho, ada perbedaan perpajakan di koperasi 

“Kalau di Koperasi dibedakan transaksi pelayanan dan transaksi bisnis. Koperasi terkena kewajiban pajak untuk transaksi bisnisnya, bukan yang bersifat pelayanan kepada anggotanya,” katanya. 

Hal senada juga disampaikan Kasi Pengawasan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Gresik Arif Darmawan menegaskan bahwa Sisa Hasil Usaha (SHU) tidak terkena pajak. 

“Sisa Hasil Usaha yang dibagikan ke anggota tidak dipotong pajak. Tapi untuk bunga simpanan masih tetap diberlakukan pajak,” jelasnya. 

Diketahui, Kegiatan Ngobras ini merupakan rangkaian dari Peringatan Hari Koperasi oleh Dekopinda Gresik. Selain ngobras  perkoperasian, juga ada penghargaan kepada koperasi yang sehat, penghargaan kepada tokoh dan pengelola koperasi, bakti sosial, lomba cerdas cermat, pekan promo, dan puncaknya adalah bazar serta penyerahan penghargaan. (faiz/aam)