Jumat, 27/05/2022 | 01:00 WIB
Gresik Satu

Dinas CKPKP Segera Lakukan Pengecatan ke Kampung Pecinan Korban Vandal

Kepala Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Pemkab Gresik Ida Lailatus Sa'diyah saat melihat gambar vandal di Kampung Pecinan / foto : Faiz 

GresikSatu | Vandalisme di kampung pecinan, langsung direspon cepat dari pihak Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Permukiman (CKPKP) Pemkab Gresik. Ida Lailatus Sa’diyah selaku Kepala Dinas akan melakukan pengecatan ulang di wilayah tersebut.

Hal tersebut disampaikan saat pihaknya meninjau gambar vandal di Kampung Pecinan Desa Pulopancikan, Kecamatan  Gresik, Jum’at (4/3/2022).

“Minggu ini masih kita data, setelah itu berkoordinasi dengan pemilik rumah untuk dilakukan pengecatan,” ucapnya di lokasi, Jumat (4/3/2022). 

Menurutnya, pengecatan kembali itu akan dilakukan oleh pihak Nippon Paint yang diambilkan dari anggaran tanggung jawab sosial atau corporate social responsibility (CSR) perusahaan produksi cat itu. 

“Kita sosialisasi dulu, yang akan mengecat dari pihak Nippon Paint untuk menghasilkan pengecatan yang maksimal,” ujarnya.

Baca Juga : Satpol PP Gresik Buru Pelaku Vandal di Kampung Pecinan Gresik

Selain itu, Ida pun meminta Keterlibatan Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan Dan Olahraga (Disparekrafbudpora), Trabtib Kecamatan, dan Pokdarwis. 

“Mulai diberikan Closed Circuit Television (CCTV) dan minimal ada sanksi sosial bagi para pelaku yang melakukan vandal,” pungkasnya. 

Sebelumnya, di simpang empat jalan kampung Pecinan  terlihat hasil aksi vandalisme itu. Di tembok berwarna putih sebelah timur jalan tampak kontras coretan coretan dengan cat semprot tersebut.

Bahkan, coretan tersebut terdapat gambar yang tidak sopan dipandang. Ada sekitar 10 jenis coretan di tembok selebar 5 meter tersebut.

Tidak hanya itu, menuju ke arah klenteng, sejumlah coretan-coretan dengan cat semprot juga terlihat. Namun karena tidak berada di dinding putih, coretan itu tidak begitu kontras.

Selain di tembok, coretan juga terlihat tepat di pintu masuk Klenteng Kim Hin Kiong. (faiz/sah)