Selasa, 09/08/2022 | 20:03 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Pemerintahan

Dinas Pertanian Beri Penyuluhan Manfaat Pupuk Organik Cair ke Petani Gresik

Gresiksatu.com
Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Wakil Ketua DPRD Gresik memberikan pupuk organik cair kepada petani. (Foto : Aam/Gresiksatu.com)

GresikSatu | Pengunaan pupuk organik dikalangan petani terus dikampayekan oleh pemerintah. Harapannya petani tidak lagi memiliki ketergantungan terhadap pupuk kimia.

Untuk mensukseskan program tersebut, Dinas Pertanian Gresik memberikan penyuluhan kepada Gapoktan se-Kabupaten Gresik. Mereka diajari bagaimana mengelola pupuk organik, khususnya pengelolaan pupuk organik cair (POC).

Kepala Dinas Pertanian Gresik Eko Anindito Putro mengatakan, pupuk organik cair, selain bisa meningkatkan produksi, juga memiliki keunggulan. Diantaranya meningkatkan kulaitas hasil panen, tidak mencemari hasil panen, baik terhadap lingkungan, serta menjaga kebutuhan tanah.

“Dipastikan menghasilkan produk tanaman yang aman dan sehat dikonsumsi. Pupuk ini juga memiliki perbaikan sifat fisik kimia dan biologi tanah,” kata Eko saat di depan peserta penyuluhan gapoktan di Pemkab Gresik, Rabu (29/6/2022).

Dijelaskan, pupuk organik cair adalah larutan hasil pembusukan bahan organik yang berasal dari kotoran hewan, sisa tanaman dan manusia. POC memiliki kandungan unsur hara yang beragam.

“Pupuk ini memiliki bahan pengikat sehingga larutan yang diberikan ke tanah dapat langsung digunakan oleh tanam,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani mengatakan, penyediaan pangan sangat tergantung pada keberhasilan program pembangunan pertanian. Untuk itu peran pertanian dianggap sangat strategis dalam mendukung perekonomian nasional.

“Terutama dalam mewujudkan ketahanan pangan meningkatkan daya saing, penyerapan tenaga kerja dan penanggulangan kemiskinan,” tutup Gus Yani.

Perlu diketahui, penyuluhan petani pupuk organik oleh Dinas Pertanian itu, bersamaan dengan pelantikan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Gresik. Tutur hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Jombang Summrambah yang juga ketua KTNA Provinsi Jawa Timur. (aam)