Selasa, 09/08/2022 | 20:54 WIB
Gresik Satu
Bisnis Ekonomi

Dirut Petrokimia Gresik Sebut, Petronite Fest Sukses Gerakan Perekonomian Warga

gresiksatu.com
Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo saat memberikan hadiah kepada pemenang lomba. (Foto : Aam Alamsyah/ Gresiksatu.com)

Gresiksatu | Perayaan HUT PT Petrokimia ke 50 telah sukses dilakukan. Serangkaian kegiatan juga terlihat megah. Utamanya di acara Petronite Fest 2022 yang digelar selama 10 hari itu. Acara disebut oleh Dirut PT Petrokimia Gresik dianggap sukses menggerekan perekonomian warga.

Bagaimana tidak, Petrokimia membuka lebar pelaku UMKM untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Dari sebelumnya hanya 200 lapak pedagang yang dibuka, membludak menjadi 500 lapak pedagang. Selama event digelar, dilaporkan pengunjung mencapai 9 orang lebih.

Dirut PT Petrokimia Gresik Dwi Satriyo mengatakan, HUT PT Petrokimia ke 50 bertema ‘Beyond Infinity’ ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini PT Petrokimia Gresik lebih banyak berkolaborasi dengan warga di sekitar perusahaan, ini sebagai upaya perusahaan plat merah itu bisa lebih dekat dengan warga.

“Selain itu karyawan dan karyawati juga kami libatkan secara langsung dalam kegiatan bersama warga. Tujuannya adalah untuk silaturahmi,” katanya saat di acara Penganugerahan Pemenang Perlombaan untuk Masyarakat Sekitar Perusahaan, Jum’at (5/8/2022) kemarin.

Disebutkan, salah satu kolaborasi, antara PT Petrokimia Gresik dengan masyarakat sekitar perusahaan, yakni melibatkan dalam acara Petronite Fest 2022. Ada 8 kelurahan dan desa sekitar yang berpartisipasi. Diantaranya, Desa Karangpoh, Karangturi, Roomo, Sukorame, Kroman, Lumpur, Ngipik dan Tlogopojok.

“Khusus UMKM dari 8 kelurahan dan desa sekitar saja transaksinya mencapai 143,5 juta. Itu belum termasuk pendapatan parkir yang dikelola oleh karang taruna. Ini juga bagian dari menggerakkan perekonomian warga sekitar,” jelasnya.

Tidak hanya diberikan ruang berjualan. PT Petrokimia Gresik bahkan, memberikan apresiasi kepada UMKM dengan lapak terbaik. Yakni, juara 1 diraih lapak Kelurahan Tlogopojok,. Kemudian juara 2 lapak Kelurahan Karangpoh dan juara 3 lapak Kelurahan Sukorame.

Sedang penghargaan lain diberikan kepada Desa Roomo (produk terunik), Kelurahaan Lumpur (lapak paling rapi), Kelurahan Karangturi (dekorasi lapak terbaik), Kelurahan Kroman (lapak terlaris), Desa Ngipik (stand paling favorit).

“Petrokimia Gresik juga memberikan bantuan door prize masing-masing senilai Rp 15 juta kepada 8 kelurahan dan desa di sekitar perusahaan untuk acara lomba jalan sehat HUT RI ke 77 di kampungnya masing-masing,” beber Dwi Satriyo. (aam)