Jumat, 27/05/2022 | 01:18 WIB
Gresik Satu

Dua Tahun Vakum, Tradisi Pasar Malam Selawe Sunan Giri Kembali Dibuka

Foto : Pasar tradisi malam selawe di Makam Sunan Giri (Istimewa)

GresikSatu | Tradisi Malam Selawe di Makam Sunan Giri bakal ramai dikunjungi seperti tahun sebelum pandemi. Pasalnya pemerintah pada perayaan malam 25 ramadan tahun ini memberikan kelonggaran. Termasuk mengizinkan pelaku UMKM membuka lapak dagangan di area lokasi.

Namun ada perbedaan penataan pasar UMKM di tradisi malam 25 ramadan. Jika sebelumnya, panitia hanya menyediakan pedagang  berjejer di sepanjang Jalan Giri sampai makam. Kini ditambah dengan pameran stand UMKM di Parkiran Bus Desa Sekarkurung, Kecamatan Kebomas

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparekrafbudpora) Pemkab Gresik Sutaji Rudy mengatakan, perayaan Malam Selawe tetap dirayakan dengan protokol kesehatan. Juga melihat status Kabupaten Gresik di Level II PPKM.

Baca Juga : Motor Hasil Curian Dibuat Jalan-Jalan, Kepergok Pemiliknya Saat Parkir di Indomaret

“Satgas Covid-19 akan turun ke lokasi saat perayaan malam selawe agar tidak berjubel dan berdesakan para pengunjung,” ucapnya, Selasa (19/4/2022). 

Menurutnya, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Kecamatan dan Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag). Untuk mengantisipasi kerumunan secara berlebihan. 

“Yaitu dengan memanfaatkan parkiran Bus digunakan untuk pameran agar tidak terlalu padat kerumunan,” jelasnya. (Faiz/sah)