Selasa, 04/10/2022 | 14:09 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Duh! Punya Mobil Mewah dan Rumah Mentereng, Warga Balongpanggang Masih Terima PKH

Foto : Petugas melakukan penempelan stiker keluarga miskin di Desa Tenggor, Kecamatan Balongpanggang, Gresik. (Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) memang diperuntukan untuk keluarga yang tak mampu. Namun hal itu tak berlaku di Desa Tenggor, Kecamatan Balongpanggang, Gresik.

Pasalnya salah satu penerimanya memiliki mobil mewah dan rumah mentereng. Hal itu sangat jauh dari kesan keluarga miskin sebagaimana tujuan progam PKH. Kendati demikian, penerima bantuan tak keberatan ketika petugas menempelkan stiker keluarga miskin di rumahnya.

Melihat hal itu, Kepala Desa Tenggor Kowianto hanya bisa mengelus dada. Ia tidak bisa berbuat banyak, karena data penerima itu sudah terdaftar dari Kementerian. Termasuk yang bersangkutan, meski punya mobil tapi tetap menerima bantuan miskin.

“Padahal mereka sudah mampu, tapi mereka juga senang mendapatkan bantuan,” ucapnya, Minggu (17/4/2022).

Baca Juga : Ditinggal Sholat Subuh, Maling di Duduksampeyan Gondol Hp dan Sepeda Motor 

Disebutkan, total ada 198 keluarga penerima manfaat (KPM) di desanya. Penempelan stiker ini sebagai identifikasi masyarakat yang menerima bantuan sosial, jika dirinya memang tidak mampu secara ekonomi keluarga.

“Menghimbau kepada penerima bantuan sosial (Bansos) tidak merusak stiker yang sudah ditempeli keluarga miskin, jangan sekali-kali merusak, kalau dirusak akan ada sanksinya,” paparnya.

Sementara itu, Camat Balongpanggang, M Amri mengapresiasi adanya penempelan stiker di Desa Tenggor ini. Menurunya, hal tersebut juga bisa memetakan kategori keluarga miskin di Desa. 

“Kalau di Lapangan banyak warga yang mampu. Bisa digantikan warga yang masih belum dapat banso. Kasihan warga yang belum dapat bantuan,” ujarnya. (faiz/sah)