28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 10:50:40 WIB

Edarkan Rokok Ilegal Senilai Ratusan Juta, Pria Asal Cianjur Diciduk Bea Cukai Gresik

GresikSatu | Nasib apes dialami Sopiyulloh warga Desa Ciandam, Kecamatan Mande, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Pria ini, kedapatan mengederkan rokok ilegal senilai ratusan juta di wilayah hukum Gresik.

Tepatnya di Rest Area KM 726 Tol Surabaya – Mojokerto, Wringinanom, Gresik. Pria berusia 35 tahun langsung diciduk petugas bea cukai Jatim setelah dilakukan pemeriksaan.

Selanjutnya, pelaku yang sudah bersatus tersangka ini, beserta barang bukti rokok ilegal dan satu unit mobil, yang dipakai untuk edarkan rokok ilegal diamankan di Kejari Gresik.

Peristiwa itu, terjadi pada hari, Kamis 13 Oktober 2022 sekira pukul 07.00 WIB. Petugas bea cukai Jatim mendapati informasi peredaran rokok ilegal di wilayah hukum Gresik.

Petugas pun langsung melakukan identifikasi mobil yang dikendarai tersangka bersama saksi M Arief Akmal. Keduanya sedang berhenti di tempat area tol Wringinanom, Surabaya – Mojokerto. Tersangka bersama saksi sebelumnya, sudah mengambil ribuan batang rokok tanpa cukai asli dari Pulau Madura.

Baca juga:  Minggu Depan Tersangka Dugaan Korupsi Pegadaian Bawean Mulai Disidangkan 

 

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas berhasil amankan tersangka beserta 208.000 batang rokok, dari berbagai macam merk rokok. Beserta satu unit mobil Daihatsu Sigra warba abu-abu nopol L 1931 QX.

Dengan total kerugian cukai yang terutang senilai Rp 124. 800.000. Dengan rincian tarif cukai per batang Rp 600. Ditambah kerugian pajak pertambahan nilai (PPN) senilai Rp 23.474.880. Total kerugian keduanya, senilai Rp 148.274.880.

“Tersangka sudah dilakukan tahap II, artinya sudah diserahkan ke Rutan Banjarsari, Cerme Gresik,” ungkap Kasi Pidsus Kejari Gresik Alifin Nurahmana Wanda kepada awak media, Kamis (24/11/2022).

Dikatakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) telah menerima penyerahan tanggung jawab dari penyidik pegawai negeri sipil (PNS), Dirjen Bea Cukai Kantor Wilayah Jatim Kementerian Keuangan. Setelah dikakukan pemeriksaan lebih lanjut, nopol mobil milik tersangka palsu, yang sebenarnya nopol F 1075 YR.

Baca juga:  Bea Cukai Gresik Kembali Musnahkan Rokok Ilegal dan Miras Senilai 1,9 Miliar

“Tersangka dijerat pasal 54 UU nomor 39 Tahun 2007 tentang perubahan UU nomor 11 tahun 1995 tentang cukai. Dengan ancaman pidana paling lama lima tahun penjara, dan denda paling banyak 10 kali nilai cukai yang seharusnya dibayar,”jelasnya.

“Selanjutnya pekan depan kasus rokok ilegal kami limpahkan ke Pengadilan Negeri Gresik,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

Ini Tampang Pesilat Pelaku Penganiayaan Pedagang Nanas di Driyorejo Gresik 

GresikSatu | Lima pelaku penganiayaan di Pasar Gadung, Driyorejo, Gresik sudah diamankan polisi. Kelima pelaku yang menewaskan Eko Bayu Asmoro (21) warga Desa Sumberejo,...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Profil Pelajar Pancasila sebagai Rekonstruksi Sosial pada Kurikulum Merdeka

Oleh : Sussi Widiastuti  Pemerintah telah melakukan perubahan sistemik untuk mengatasi krisis pembelajaran yang terjadi cukup lama yang diperparah oleh Pandemi Covid-19. Melalui Kurikulum Merdeka...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Sudah Diatur Perda, DPRD Gresik Minta Perekrutan Tenaga Kerja Perusahaan Harus Prioritaskan Warga Lokal

GresikSatu | Kalangan legislatif Kabupaten Gresik mengimbau kepada pihak perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gresik, bisa mematuhi dua Peraturan Daerah (Perda), yang baru saja...
Berita terbaru
Berita Terkait