Minggu, 25/09/2022 | 19:13 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Lifestyle

Event IOF Sirkuit Extrem Offroad, Sukses Digelar di Bukit Bathang Ngargosari Gresik

Gresiksatu.com
Ajang sirkuit ini digelar oleh Indonesia Off-Road Federation (IOF). (Foto : Aam Alamsyah / Gresiksatu.com)

GresikSatu | Event Indonesia Off-Road Federation (IOF) National Championship Round 3, berhasil sukses digelar di Bukit Bathang, Gresik, Sabtu (27/8/2022). Puluhan peserta nasional maupun para peserta Country Road antusias mengikuti lomba event mobil offroad ini.

Ketua Umum Indonesia Off-Road Federation (IOF), Irjen Pol (Purn) Sam Budigusdian mengatakan, lomba event IOF seri 3 ini didukung penuh oleh Pemkab Gresik. Kali keduanya event ini digelar di Gresik setelah tahun 2019. Sekarang kembali digelar kejuraan Off-Road tahun 2022. 

“Tentu ini sangat spesial dan luar biasa. Kolaborasi antara Pemkab Gresik, IOF, dan Komunitas lainnya. Mulai pagi pemberangkatan untuk Country Road (CR). Antusiasme para penonton. Semuanya luar biasa memberikan semangat kepada teman ofrroader kejuaraan seri ke 3 tahun ini,” bebernya. 

Menurutnya, perhelatan Indonesia Off-Road Federation (IOF) National Championship Round 3 ini berbeda dengan tahun 2019 sebelum pandemi. Di tahun ini pasca pandemi, masyarakat mulai optimis dan dari kegiatan ini dan tentu bisa memutar perekonomian masyarakat sekitar. Yang turut meramaikan perlombaan ini. 

“Untuk pesertanya meliputi peserta untuk kejurnas yang kompeten untuk memperebutkan ranking nasional ada 32 offroader . Sedangkan kegiatan CR diikuti 56 peserta atau 56 kendaraan offroad,” jelasnya.

Kondisi medan di Bukit Bathang lanjut dia, tidak berubah track. Baik itu musim kemarau atau musim hujan. Bahkan dari track yang pernah dilewati para ofrroader pun masih sama. Tidak ada perubahan track. 

“Jadi adil bagi semua peserta offroader. Mulai para peserta SCS 1 sampai 6 mendapatkan menu yang sama tidak lebih, tidak kurang,” tambahnya memungkasi. 

Ketua Gresik Off Road Community (GOC) Zainudin Fuad menambahkan, posisi Gresik sebagai panitia lokal yang support IOF pusat. Pihaknya berterima kasih kepada pihak Pusat yang memilih Gresik. Sebagai lokasi lomba nasional offroad ini. 

“Kami harap kegiatan ini bisa menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Mulai kuliner, penginapan dan penjagaan lokasi acara. Mulai dari pemuda, Ibu-ibu, serta para pelaku UMKM dari dua Kelurahan Ngargosari, dan Gulomantung laris terjual pada acara ini,” ucapnya. 

Bukit Bathang iki pun, lanjut dia lokasinya strategis. Tidak kalah menantang dengan medan di daerah lainnya. Peran masyarakat, Pemkab Gresik, dan para komunitas mendukung. 

“Itulah alasan Gresik dipilih. Kompak juga antar komunitas offroad, masyarakat, dan alam Gresik. Tentunya dari kegiatan ini muncul bibit baru dan bisa meningkatkan rasa mempersatukan bangsa kita. Rasa kekeluargaan, persaudaraan, serta pertumbuhan ekonomi warga sekutar,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)