21.4 C
Indonesia
Rab, 30 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Rabu, 30 November 2022 | 3:42:50 WIB

Film Pendek Mirna Garapan Sutradara Asal Gresik Tayang Perdana, Bercerita Perempuan dan Pernikahan Adat

GresikSatu | Irfan Akbar Prawiro kembali melaunching garapan film pendek miliknya. Mengembangkan nama di kancah dunia perfilman, ia sudah banyak memproduksi film hingga menyabet juara di Festival Film Kemenparekraf RI. 

Sebagai sutradara film asal Gresik yang aktif dalam berkarya, namanya melambung harum atas dedikasi dan kontribusi dibidang perfilman Jawa Timur. Pemutaran perdana film Mirna diadakan di Gedung SMP Darul Islam, Bedilan, Gresik, Selasa (22/11/22).

Akhir tahun 2022 menjadi hari bahagia dengan pemutaran film yang berjudul “Mirna”. Tokoh mirna dikisahkan sebagai perempuan muda yang tidak mendapat penerimaan keluarga sebab suatu insiden. Dianggap sebagai bala’ yang harus lekas dibuang dan dibiarkannya hidup terkatung-katung bersama ibunya (Laxmi). 

Kemudian penonton dibuat terkesima dengan tokoh Laxmi, layak untuk disebut Christine Hakimnya Jawa Timur. Ia mewakili citra perempuan independen dengan atribut golok sambil mengisap seputung rokok. Baginya harga diri lebih mahal ketimbang ditukar segepok uang. 

Produksi film mirna mengajak 19 aktor untuk turut berpartisipasi. Sinopsis film tersebut ia tulis sejak tahun 2017 dalam kurun waktu 17 hari lamanya, disela penatnya pekerjaan.

 

Judul Mirna tercetus, tidak diambil akibat filosofis tertentu. Dan ide gagasan ini lahir akibat adanya larangan pernikahan perbedaan suku, perbedaan ras, perbedaan kampung, bahkan sampai unit dusun.

Ketua Dewan Kesenian Gresik (DKG) sekaligus penulis film Mirna, Irfan Akbar Prawiro menerangkan pekerja kebudayaan akan selalu dihadapkan antara realitas dengan idealisme. Begitupun Mirna, kungkungan pernikahan adat menjatuhkan dirinya dengan hidup terombang ambing.

“Klimaks film Mirna memacu adrenalin kita semua, memutar pertanyaan dalam pola pikir kita tentang seberapa dalam dampak yang ditimbulkan kepada dirinya,” katanya Rabu(23/11/22).

Program ekonomi kreatif dalam bentuk film ini dipelopori oleh Komunitas Yayasan Gang Sebelah bekerjasama dengan Kemenparekraf.

Baca juga:  Perjalanan Sainiyah PMI Asal Bawean, yang dideportasi Dua Kali Oleh Malaysia

Produser film Mirna, Hidayatul Irma dalam sebuah film selalu ada keajaiban. Mirna juga melahirkan ide baru dalam produksi film, talent, crew, dan kesesuaian target waktu penyelesaian.

“Kita akan menyaksikan film pendek yang telah kita nanti-nanti, harapannya Mirna juga menemukan taqdir baiknya,” ucapnya dengan raut sumringah. (ovi/aam)

Komentar

Berita Terpopuler

Penetapan UMK Gresik 2023, Buruh Tuntut Kenaikan Gaji Sebesar Rp 4,9 Juta

GresikSatu | Penetapan Upah Minimum Kabupaten (UMK) 2023 di Gresik sepertinya akan berjalan alot. Antara pengusaha, buruh dan pemerintah belum menemukan titik terang. Untuk...

DPMPTSP Jatim Gencarkan Roadshow Pelayanan Perizinan Gratis di Gresik

GresikSatu | Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan DPMPTSP Gresik menggelar roadshow pelayanan perizinan gratis...

Polsek Driyorejo Bekuk Pelaku Curanmor, Sepeda Motor Langsung Dikembalikan ke Pemiliknya 

GresikSatu | Jajaran Unit Reskrim Polsek Driyorejo membekuk pelaku kasus pencurian sepeda motor di Desa Krikilan, Kecamatan Driyorejo, Gresik. Pelaku diketahui bernama Ikbal S...

Baru Menikah Satu Bulan, Pasutri di Gresik Terlibat Kecelakaan, Suami Meninggal, Istri Luka-luka 

GresikSatu | Nasib nahas dialami pasangan suami istri (pasutri) Budi Masangga Setiawan (23) dan Izzatul Muhida (24). Pasangan muda, yang baru saja menjalin rumah...

Korban Sodomi di Gresik Alami Gejala Sering Meludah, Gara-gara Trauma Mengulum Alat Vital Pelaku

GresikSatu | Nasib korban sodomi di Kabupaten Gresik terus menjadi perhatian. Bocah AR yang menjadi korban masih mengalami trauma, bahkan saat ini, korban masih...

Enak-enak Tidur Nyenyak, Rumah Warga Driyorejo Gresik Dilahap Api

GresikSatu | Sebuah rumah di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik dilahap api. Rumah milik Subandi ini tersisa pondasi tembok, kayu penyangga serta atap...
Berita terbaru
Berita Terkait