Minggu, 29/05/2022 | 05:39 WIB
Gresik Satu

Forkopimda Gresik Tinjau Pelaksana Pilkades di Desa Yosowilangun 

Jajaran Forkopimda saat memantau proses pemilihan calon kepala desa di Desa Yosowilangun, Manyar, Gresik / foto : Faiz

GresikSatu | Jajaran Forkopimda Gresik memantau langsung proses pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2022 di Desa Yosowilangun, Kecamatan Manyar, Gresik. Sabtu (26/3/2022). 

Rombongan yang terdiri dari Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, Ketua DPRD Gresik Much Abdul Qodir, Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis, Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail, dan jajaran pejabat Pemkab Gresik, langsung melihat proses pilkades. 

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani bersama rombongan langsung melihat proses para pemilih masuk di TPS 012 di Balai RW 07 Jalan Enggano Dalam 1 GKB. Gus Yani meminta kepada para masyarakat untuk medukung proses Pilkades yang kondusif hingga akhir pengumuman pemenang Pilkades di Desa. 

“Ada 47 Desa melakukan Pilkades serentak, dengan 126.281 daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Gresik,” ucap Yani.

Baca Juga : Pengamanan Pilkades, Petugas Gabungan Antisipasi Serangan Fajar

Dijelaskan Gus Yani, proses Pilkades ini tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, dan mencuci tangan sebelum masuk TPS. 

“Kami melihat langsung bersama Forkopimda di TPS setempat, masing-masing TPS ada 500 DPT, ada pendamping kesehatan, dan bilik khusus untuk masyarakat yang suhuna lebih dari 37 celcius,” papar Yani. 

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis  mengatakan, ada sekitar 1316 personil yang diterjunkan dari gabungan Polres sekitar Gresik. “Mulai dari Personil Bawah Kendali Operasi (BKO), Polda, Brimob. Setiap TPS satu atau Dua, didampingi TNI dan Linmas,” ucapnya. 

Hal sama juga dilakukan Kodim 0817 Gresik, untuk kebutuhan pembantu pengamanan Pilkades, ada 450 personil yang diterjunkan.

Baca Juga : Siaga! Ratusan Personil Jaga Pilkades Sumurber Panceng

“Tiga pasukan standby force (pasukan siaga) di tiga titik. Utara, Selatan, dan Tengah, serta satu titik pasukan cadangan di Makodim,” ungkap Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Taufik Ismail. 

Sekedar diketahui, di Desa Yosowilangun ada lima calon Kepala Desa. Antara lain, Iriana Yudhaningsih sang petahana, lalu empat calon lainnya, Abdul Rosyid Ketua RW 12, Abdul Hamid Ketua BPD, Suprayadi anggota BPD dan Zainul Abidin Aparatur Sipil Negara. Ada 18 TPS dan 8.807 DPT di Desa Yosowilangun. (Faiz/Sah)