Sabtu, 28/05/2022 | 04:32 WIB
Gresik Satu

Freeport Indonesia Janji Libatkan Tenaga Kerja Lokal Gresik

Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani menghadiri sosialiasi pembangunan smelter Freeport/ foto : humas

GresikSatu | Pembangunan Smelter PT Freport Indonesia di Kabupaten Gresik, diharapkan tidak hanya menjadi angin segar bagi investasi. Melainkan, ikut membantu mengurangi pengangguran. Dalam hal ini Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani ikut mendorong serapan dari tenaga kerja lokal dimaksimalkan.

“Semoga hadirnya smelter PT Freeport Indonesia di Kabupaten Gresik ini, membuahkan hasil yang bermanfaat, penuh keberkahan dan sekali lagi bisa berdampak secara langsung kepada masyarakat Kabupaten Gresik. Hadirnya smelter, bisa menurunkan angka pengangguran Gresik yang saat ini kondisinya masih cukup tinggi,” kata Yani, Rabu, (22/12/2021).

Selain itu, Yani juga berharap terjalinnya sinergitas dan kolaborasi yang berkesinambungan dengan berdirinya smelter tersebut. Baik bersama Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), milik desa (BUMDes) maupun asosiasi-asosiasi yang ada di Kabupaten Gresik.

“Keterlibatan masyarakat secara langsung ini yang kita harapkan, salah satunya terakomodirnya konten lokal dan juga adanya keberpihakan,” ucapnya.

Baca Juga : Rapat RUPS, Donny Arsal Jabat Direktur Utama Semen Indonesia (SIG)

Sementara itu keinginan Bupati Gresik itu ternyata disambung baik oleh pihak Freeport Indonesia. Melalui Vice President Corporate Communication PT Freeport Indonesia Riza Pratama, mengatakan bahwa apa yang menjadi keinginan dari Bupati Gresik tersebut juga menjadi perhatian pihaknya, yang tentunya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan skill yang dimiliki.

“Selama periode konstruksi, Chiyoda sebagai kontraktor PTFI akan memberikan prioritas untuk mencari pekerja konstruksi dari warga lokal,” tutur Riza.

“Investasi-investasi baru ini dapat memberikan multiplier effect yang baik, di antaranya menciptakan lapangan kerja, menghasilkan produk-produk yang memberikan nilai tambah, dan meningkatkan penerimaan bagi daerah dan negara,” lanjut Riza.

Sebelumnya, pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik sudah ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Presiden Joko Widodo, pada Selasa (12/10/2021). Di mana Presiden Jokowi sempat mengatakan, smelter milik PT Freeport Indonesia yang akan dibangun merupakan yang terbesar di dunia. Dengan selama proses pembangunan berlangsung, akan melibatkan banyak tenaga kerja. **

Tinggalkan Komentar