Minggu, 25/09/2022 | 17:55 WIB
Gresik Satu
Berita Gres Olahraga

Futsal Pelajar PGFC 2022 Diikuti 32 Sekolah 5 Kabupaten-Kota

img 20220919 wa0066
Senior Executive Vice President (SEVP) Operasi Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya saat opening match dengan menendang bola, Senin (19/9/2022) di SOR Tri Darma. / (Foto: TBK/GresikSatu.com)

GresikSatu I Petrokimia Gresik kembali mempertemukan 32 tim futsal SMA/sederajat, kali ini dari lima daerah yaitu Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Lamongan dan Mojokerto dalam kompetisi Petrokimia Gresik Futsal Championship (PGFC) 2022.

Ajang Pembibitan atlet futsal pelajar digelar di SOR Tri Dharma, Gresik mulai 19 September hingga 1 Oktober 2022.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operasi Petrokimia Gresik, I Ketut Rusnaya saat opening match menyampaikan sebagai bagian dari BUMN yang memiliki fungsi agen pembangunan, Petrokimia Gresik tidak hanya berorientasi pada profit dan kinerja perusahaan semata, tetapi juga berkomitmen tinggi dalam memajukan olahraga nasional, salah satunya dengan mendorong munculnya bibit-bibit atlet futsal berprestasi.

“PGFC merupakan salah satu wadah yang dihadirkan Petrokimia Gresik untuk memunculkan talenta atau atlet baru di cabang olahraga futsal. Kompetisi ini mempertandingkan tim dari SMA/sederajat, sehingga pesertanya masih memiliki kesempatan menjadi atlet profesional dan berprestasi melalui pembinaan lebih lanjut,” ujar Ketut, Senin (19/9/2022).

Adapun dari 32 tim yang berkompetisi, sebanyak 22 tim berasal dari sekolah yang ada di Kabupaten Gresik. Berikutnya masing-masing tiga tim dari Lamongan dan Sidoarjo, serta masing-masing dua tim dari Surabaya dan Mojokerto.

Diantara peserta yang berkompetisi, hadir tim futsal dari SMA Negeri 1 Manyar (Gresik), Juara I PGFC tahun 2014-2016 dan SMA NU 2 Gresik yang merupakan Juara I dalam gelaran PGFC terakhir pada tahun 2017.

PGFC sendiri telah digelar empat kali sejak tahun 2014 hingga 2017, dan tahun ini di momen perayaan golden anniversary Petrokimia Gresik sekaligus menyambut HUT ke-77 RI, gelaran PGFC ke-5 kembali dihadirkan untuk memperbanyak sarana bagi talenta futsal dalam meraih prestasi.

“Untuk melahirkan atlet berprestasi tidak dapat dilakukan dengan cara instan, butuh banyak latihan, pengalaman, pembinaan, dan tentunya dukungan dari banyak pihak. Peran Petrokimia Gresik melalui PGFC ini adalah memberikan ruang dan sarana bagi talenta-talenta tersebut untuk mengasah diri dan mental dalam berkompetisi,” terang Ketut.

Sementara, untuk mendorong para peserta PGFC menjadi atlet berprestasi, dalam ajang tahun ini Petrokimia Gresik juga memberikan sejumlah bantuan dan fasilitas, diantaranya gratis biaya pendaftaran, setiap tim mendapatkan satu set jersey bagi seluruh pemain, bantuan bola futsal bagi tim yang lolos babak penyisihan grup, serta hadiah puluhan juta rupiah bagi pemenang. (Tov)