Sabtu, 28/05/2022 | 04:45 WIB
Gresik Satu

Gaji Minim lalu Curi Kabel Tembaga, Pekerja Asal Surabaya Diamankan Polisi Gresik

Pelaku Rizky Pratama diamankan di Mapolsek Menganti (Faiz/gresiksatu.com)

GresikSatu | Faktor gaji yang minim, membuat seorang pekerja PT Masterindo Jaya Global Indonesia (MJGI) bernama Rizky Pratama Muhammad nekat mencuri kabel produksi di perusahaan tempatnya bekerja. Rencananya, barang curian berupa kabel tembaga itu akan dijual secara ecer.

Kapolsek Menganti Gresik AKP Tatak Sutrisno mengatakan, mulanya aksi pencurian terjadi saat pelaku yang diketahui warga Bendul Merisi Wonocolo Surabaya itu berada di ruang bagian bahan produksi. Melihat situasi aman, pelaku langsung memotong kabel tembaga besar menjadi 4 lilit.

“Dengan panjang kabel tembaga 2, 5 meter yang dipotong pelaku dengan gergaji, dipotong menjadi 4 lilitan,” ungkapnya, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Perbaikan JPD di Gresik Bisa Dilakukan Lewat Tiga Jalur ini

Tatak menyebut, pelaku sangat lihai. Agar tidak ketahuan, pelaku menguliti kabel tembaga yang sudah potong. Lalu dilipat disembunyikan di balik baju dan dimasukkan jok motor.

Awalnya pelaku pun berhasil mendapatkan barang curian, pelaku kembali masuk ruang produksi melakukan hal yang sama. Akhirnya aksinya pun diberhentikan satpam setelah ditemukan tembaga di jok motor Pelaku.

“Satpam memeriksa seluruh jok motor pekerja sebelum pulang. Menemukan kabel tembaga yang dicuri pelaku,” jelasnya.

Selain pelaku, barang bukti yang diamanakan kabel tembaga hasil curian dan sepeda motor yang digunakan oleh pelaku dalam menjalankan aksinya.

“Kabel tembaga panjang 2,5 m (berisi 4 lilit kabel tembaga), dengan 4 lilit panjang 180 cm dan 4 lilit panjang 60 cm. Satu unit sepeda motor honda beat hitam L 5515 AAK milik pelaku,” ucap Tatak.

Saat di introgasi polisi, warga Bendul Merisi Surabaya itu mengaku nekat mencuri kabel tembaga untuk tambahan gaji yang sangat minim. Ia juga mengaku tergiur dengan harga jual kabel tembaga cukup mahal.

“Tergiur harga jual kabel tembaga yang cukup mahal di pasar, selain itu buat tambahan gaji,” ucapnya.* (Faiz/Tov)