Minggu, 03/07/2022 | 18:14 WIB
Gresik Satu
Pemerintahan

Gara-gara Ini, 11 CJH Gresik Gagal Berangkat ke Tanah Suci

Ilustrasi pemberangkatan haji di Gresik (gresiksatu.com)

GresikSatu| Ribuan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Gresik mulai bersiap pergi ke tanah suci Makkah. Rencananya para jemaah akan berangkat pada bulan ini.

Namun, sayangnya ada 11 CJH yang dipastikan gagal berangkat tahun ini. Penyebabnya, belasan jemaah itu tidak melakukan pelunasan biaya haji.

Gagalnya 11 CJH berangkat ke tanah suci dikonfirmasi Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Gresik, Lulus. Dia menjelaskan, kuota pemberangkatan untuk Gresik sendiri ada 1.042 orang.

“Sebanyak 11 orang tersebut memang menunda keberangkatannya, sedangkan kouta yang tak terisi otomatis diganti dengan jamaah cadangan,” katanya, Sabtu (21/5/2022).

Baca Juga : Banjir Rob Terjang Pulau Mengare Gresik, Petani Tambak Sambat Rugi Ratusan Juta

Lulus menuturkan, sebelumnya pihaknya sudah melakukan sosialisasi batas waktu pembayaran. Yakni pada tanggal 20 Mei 2022 kemarin. Namun sampai batas waktu yang ditentukan, belasan orang itu tak kunjung melunasi.

“Selain itu, pelunasan CJH tidak serta merta bisa dilakukan. Ada syaratnya, pelunasan bisa dilakukan dengan usia dibawah 65 tahun atau lahirnya maksimal tgl 30 Juni 1957,” pungkasnya. (aam)

Full Day School