Sabtu, 02/07/2022 | 12:35 WIB
Gresik Satu
Berita Gres

Gara-gara Konsleting Listrik, Toko dan Pom Mini di Bawean Terbakar

gresiksatu.com
Teks foto : Pom Mini milik Suduri di Desa Sawahmulya, Kecamatan Sangkapura, Bawean Gresik saat terbakar (Polsek Sangkapura for gresiksatu.com)

GresikSatu | Sebuah toko dan pom bensin mini di Desa Sawahmulya, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, Gresik mengalami kebakaran. Penyebabnya, karena terjadi konsleting listrik. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta.

Kronologis kejadian bermula, saat pemilik toko Suduri hendak mengisi BBM jenis pertalite ke Pom Mini sekitar pukul 21.15 WIB, Selasa malam (21/6/2022). Tiba-tiba ada percikan api dari kabel listrik yang menyambar ke dirigen yang didalamnya berisi BBM. 

Api secara cepat merambat ke tokoh milik pria berusia 35 tahun itu. Suasana semakin menegangkan, ketika api sudah menguasai toko dan membakar seluruh isi di dalamnya. Suara ledakan juga beberapa kali terdengar. Sang pemilik yang panik mencoba meminta pertolongan kepada para warga.

Namun upaya warga membantu memadamkan tak membuat api mudah dipadamkan. Apalagi alat pemadaman yang digunakan hanya seadannya. Yakni berupa air yang dicampur dengan pasir. Butuh waktu lama, api benar-bemar bisa dipadamkan.

Kapolsek Sangkapura AKP Moch Suja’i membenarkan adanya peristwa kebakaran di wilayahnya. Warga serta anggota Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa turut serta memadamkan api. 

“Karena keterbatasan alat pemadam, warga hanya memadamkan api seadanya. Juga dibantu alat pemadam api ringan (Apar). Sekitar 30 menit api sudah dipadamkan,” ucapnya, Rabu (22/6/2022).

Mantan Kanit Reskrim Polsek Kebomas itu menyatakan, kebakaran tersebut akibat  Konsleting arus listrik di toko tersebut. “Pemilik toko mengalami kerugian sekitar Rp 1,5 juta,” ujarnya.

Suja’i menghimbau kepada masyarakat Bawean khusunya Kecamatan Sangkapura. Selalu berhati-hati terhadap aliran listrik untuk mengantisipasi hal yang serupa. 

“Tidak ada korban jiwa. Hanya kerusakan Pom Bensin Mini, kaca etalase toko yang rusak, dan beberapa sepatu terbakar,” tambahnya memungkasi. (faiz/aam)

Full Day School